Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kritik Transparansi PSSI, Maruarar Minta Erick Serahkan Hasil Audit ke Penegak Hukum

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 21 Agustus 2023, 02:49 WIB
Kritik Transparansi PSSI, Maruarar Minta Erick Serahkan Hasil Audit ke Penegak Hukum
Maruarar Sirait/ist
rmol news logo Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Maruarar Sirait, mengkritik kinerja Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) lantaran terus berpolemik. Dia pun mendorong Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, agar lebih tegas sehingga masalah persepakbolaan di Tanah Air dapat diselesaikan.

"Di Indonesia itu masalah kita bukan aturan, masalah kita penegakan hukum, penegakan aturan. Makanya, dibutuhkan orang yang bersih. Nggak mungkin membersihkan dengan sapu yang kotor. Orang yang punya banyak kepentingan pasti nggak bisa tegas," ucapnya dalam riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) bertema "Sepak Bola Kita: Antara Masalah dan Prestasi" secara daring, Minggu (20/8).

Ara biasa akrab disapa menyinggung transparansi audit PSSI. Apalagi, hasil audit periode 2020-2022 belum dipaparkan secara terbuka, diserahkan kepada penegak hukum, bahkan tidak jelas tindak lanjutnya.

"Periode Pak Erick belum pernah, ya? Berarti terakhir 2019. (Laporan audit) 2020, 2021, 2022 belum pernah (diserahkan kepada penegak hukum). Catat semuanya, nih," tuturnya.

"Jadi, saya akan ingatkan Pak Erick, 'Anda harus memberikan hasil audit itu kepada aparat penegak hukum'," imbuhnya.

Ara pun mendorong PSSI terbuka atas semua masalah yang ada selain hasil audit agar kontrol publik semakin tinggi. Dicontohkannya dengan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J yang melibatkan bekas Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo.

"Kita lihat kasus Ferdy Sambo. Berapa banyak berapa kasus hukum di Indonesia itu bisa terbuka, bisa berproses karena benar dan adil. Buat masalah PSSI itu terbuka. Masalah keuangan, masalah wasit, dan sebagainya, pasti akan bagus," jelasnya.

"Saya akan minta Pak Erick buka semua masalahnya supaya Pak Erick, saya yakin tidak punya beban, supaya dapat dukungan publik untuk melakukan hal-hal yang besar, yang benar, yang tegas, dan yang cepat. Begitu caranya," sambung dia.

Ara melanjutkan, masalah yang menerpa PSSI tidak lepas dari kepemimpinan dan kepercayaan. Dia meyakini bahwa semua problem yang ada dapat selesai jika dipercaya. Sponsor pun bakal berdatangan.

"Jadi, menurut saya, kalau sepak bola Indonesia maju, pemimpinnya harus dipercaya, timnya harus dipercaya, kontrol publiknya harus tinggi," tegasnya.

Lebih jauh, Ara berpendapat, kinerja Erick sebagai Menteri BUMN bagus karena mampu membongkar korupsi yang terjadi di perusahaan-perusahaan negara.

"Kenapa di PSSI tidak? Kecuali memang tidak ada korupsi di PSSI," tandas Ara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA