Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kadin Gelar Roadshow Bisnis Keliling Amerika Tengah, Latin dan Karibia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 27 Agustus 2024, 18:46 WIB
Kadin Gelar Roadshow Bisnis Keliling Amerika Tengah, Latin dan Karibia
Ketua Komite Amerika Tengah, Kuba dan CARICOM KADIN, Prasetyo Singgih dalam konferensi pers di Jakarta pada Selasa, 27 Agustus 2024/RMOL
rmol news logo Menyikapi besarnya perhatian pemerintah Indonesia terhadap pasar Amerika Tengah, Latin dan Karibia, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) akan menggelar acara roadshow bersamaan dengan gelaran Forum Bisnis Indonesia-Latin America and the Caribbean (INA-LAC).
HUT 79 RI

INA-LAC 2024 sendiri untuk pertama kalinya akan digelar Kementerian Luar Negeri RI bekerjasama dengan Kadin di luar Jakarta yakni Lima, Peru pada 11 hingga 13 September 2024.

Ketua Komite Amerika Tengah, Kuba dan CARICOM KADIN, Prasetyo Singgih menjelaskan bahwa sebenarnya roadshow Kadin ke negara Amerika Selatan telah direncanakan sejak 2021 lalu, tetapi baru terealisasi tahun ini.

Dikatakan Prasetyo, awalnya acara INA-LAC dijadwalkan berlangsung bulan November tetapi kemudian maju di bulan September. Merespons perubahan tersebut akhirnya Kadin memutuskan untuk menggabungkan roadshow bisnisnya dengan INA-LAC.

"Tahun ini kami berencana menggelar roadshow, dikarenakan adanya jadwal INA-LAC dimajukan dari November manjadi September, kami memutuskan untuk menjadikan satu saja, jadi kami juluki Central America, Caribbean dan INA-LAC Roadshow 2024," ungkapnya dalam konferensi pers di Jakarta pada Selasa (27/8).

Menurut penuturan Prasetyo, roadshow itu akan dimulai 1 September di negara Republik Dominika lalu ke Bahama. Kemudian ke Lima Peru dengan acara INA-LAC, selanjutnya ke Kuba, Panama dan Nikaragua.

"Terakhir kita pulang lewat Miami di mana Konjen Houston kita memfasilitasi untuk menemui pengusaha di sana," kata Prasetyo.

Lebih lanjut, Prasetyo menyoroti kolaborasi antara Kadin dan Kemlu RI yang telah terbentuk sejak lama. Menurutnya kerjasama yang terbangun sangat membantu para pengusaha lokal yang mau go internasional.

"Kenyataannya kita masih terbentur masalah visa, dengan kolaborasi yang erat dengan Kemlu, masalah ini bisa teratasi dan menguntungkan pengusaha," ujarnya.

Menurutnya forum bisnis INA-LAC yang digelar bersama Kemlu RI akan menjadi momen berharga bagi pengusaha untuk saling bertemu secara langsung dan menyepakati kerjasama baru.

"Pertemuan secara fisik tidak bisa digantikan oleh pertemuan secara virtual. Oleh karena itu kami berusaha langsung mendatangi negara-negara Amerika Latin dan Karibia yang relatif masih belum tergarap," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA