Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Es Mencair di Himalaya, Bajir Besar di Burgi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Senin, 08 Juli 2024, 21:00 WIB
Es Mencair di Himalaya, Bajir Besar di Burgi
Pegunungan Himalaya.
rmol news logo Banjir bandang akibat mencairnya gletser akhir pekan lalu telah merusak lebih dari dua lusin rumah, ratusan kanal tanah, tanaman pangan dan pepohonan di sepanjang nullah atau jalur air Burgi di Skardu. Puluhan rumah tangga terpaksa dievakuasi ke daerah yang aman.

“Banjir memicu kepanikan dan merusak sejumlah besar properti pribadi, namun untungnya, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan,” kata seorang pejabat pemerintah distrik seperti dikutip dari Dawn.

Banjir telah berdampak pada banyak desa di sepanjang jalur air Burgi, dan juga merusak pasokan air dan saluran irigasi, sehingga mengakibatkan terhambatnya pasokan air ke warga setempat.

Menurut penduduk setempat, puluhan keluarga kehilangan tempat tinggal setelah air banjir merusak rumah mereka, sementara air telah masuk ke lebih dari dua lusin rumah, menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Penduduk setempat mendesak pihak berwenang untuk mengambil tindakan perlindungan untuk memitigasi bencana tersebut, menuntut pemerintah segera mengambil tindakan untuk mencegah air banjir memasuki pemukiman manusia dan kawasan pertanian. Mereka menuntut pemukiman kembali dan kompensasi atas kerusakan yang terjadi.

Salah seorang warga yang terkena dampak mengatakan, banjir telah menghancurkan rumah dan semua aset miliknya. Lahan pertanian, tanaman pangan, dan pepohonan juga rusak.

Sementara itu, Wakil Komisaris Skardu Sami Khan menyayangkan masyarakat yang merambah jalur air untuk membangun rumah dan bangunan yang menghalangi aliran air.

Dia mengatakan konstruksi ini, yang dibangun atas dorongan individu tertentu, menghalangi aliran air alami dan mengalihkan air banjir. Dia juga memperingatkan bahwa tindakan akan diambil terhadap mereka yang bertanggung jawab atas perambahan dan bangunan ilegal akan dihancurkan.

Ketinggian air telah melonjak di sejumlah jalur air dan sungai di GB selama gelombang panas saat ini, menimbulkan ancaman banjir dan banjir akibat ledakan danau gletser.

Otoritas Manajemen Bencana Provinsi (PDMA) pada hari Sabtu mengeluarkan peringatan kepada pemerintah di lima distrik utara di Khyber Pakhtunkhwa, memperingatkan mereka akan kemungkinan besar terjadinya banjir semburan danau glasial (Glofs), banjir bandang, dan tanah longsor karena suhu tinggi yang terjadi. dan perkiraan curah hujan.

“Karena suhu yang lebih tinggi dari biasanya dan perkiraan curah hujan dari tanggal 6 hingga 8 Juli di bagian atas Khyber Pakhtunkhwa, ada kemungkinan besar memicu kejadian Glofs, banjir bandang, tanah longsor, dan peningkatan aliran sungai karena pencairan. Kondisi yang lebih hangat diperkirakan akan berlanjut hingga pertengahan Juli,” kata sebuah peringatan PDMA yang diteruskan ke pemerintah distrik Chitral Lower dan Upper, Dir Upper, Swat dan Kohistan Upper.

PDMA meminta mereka untuk mengambil semua tindakan pencegahan untuk menghindari hilangnya nyawa, ternak dan kerusakan infrastruktur dan tanaman. Mereka telah diminta untuk memastikan ketersediaan personel layanan darurat dan penyelamatan serta pejabat komunikasi dan pekerjaan serta departemen lain yang memiliki keahlian pekerjaan selama periode tersebut.

Pemerintah kabupaten telah diarahkan untuk memastikan ketersediaan peralatan darurat yang diperlukan untuk tanggap cepat jika terjadi kemungkinan apa pun. Peringatan PDMA juga menyarankan wisatawan untuk berhati-hati dan menghindari bepergian ke daerah yang berisiko dan rentan.

Pemerintah distrik telah diarahkan untuk berkoordinasi dengan departemen terkait, termasuk Otoritas Jalan Raya Nasional, Organisasi Pekerjaan Perbatasan dan Departemen Komunikasi dan Pekerjaan, untuk pemulihan jalan secara tepat waktu jika terjadi penyumbatan, hambatan, penutupan dan kerusakan akibat banjir atau tanah longsor.

Menurut penjelasan resmi Kementerian Perubahan Iklim dan Departemen Kehutanan, akibat kenaikan suhu, gletser di pegunungan utara Pakistan, yang meliputi Hindu Kush Himalaya dan Karakorum mencair dengan cepat. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA