Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penjaga Pantai Tiongkok Kembali Serang Kapal Patroli Filipina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jonris-purba-1'>JONRIS PURBA</a>
LAPORAN: JONRIS PURBA
  • Sabtu, 04 Mei 2024, 06:21 WIB
Penjaga Pantai Tiongkok Kembali Serang Kapal Patroli Filipina
Kapal Filipina PCG BRP Bagacay (tengah) diserang dengan tembakan meriam air oleh dua kapal penjaga pantai China di di dekat Scarborough Shoal yang disengketakan di Laut China Selatan, 30 April 2024./The Diplomat
rmol news logo Kapal penjaga pantai Tiongkok kembali menembakkan meriam air bertekanan tinggi ke dua kapal patroli Filipina di dekat Scarborough Shoal yang disengketakan di Laut China Selatan.

Pemerintah Filipina, seperti dikutip The Diplomat menyebutkan insiden itu terjadi persis di hari terakhir April lalu.

Juru bicara Penjaga Pantai Filipina (PCG) Jay Tarriela yang memberikan penjelasan, mengatakan bahwa kapal PCG BRP Bagacay dan kapal patroli perikanan BRP Bankaw sedang melakukan “patroli maritim yang sah” di perairan dekat Scarborough Shoal.

“Ketika itu mereka menghadapi manuver berbahaya dan penghalang dari empat kapal. Kapal Penjaga Pantai Tiongkok [CCG] dan enam kapal milisi maritim Tiongkok,” ujarnya.

Kapal-kapal Tiongkok pertama-tama menembakkan meriam air ke BRP Bankaw, sehingga merusak sistem kelistrikan, navigasi, dan radionya, dan kemudian ke BRP Bagacay, merusak sebagian pagar dek dan kanopinya, katanya. Sebuah video yang diambil oleh wartawan di atas kapal BRP Bankaw menunjukkan kapal tersebut bertabrakan dengan kapal CCG, yang kemudian menembakkan meriam airnya ke sistem navigasi radar kapal dari jarak dekat.

Dalam pernyataan terpisah, Satuan Tugas Nasional untuk Laut Filipina Barat menggambarkan perilaku Tiongkok adalah “ilegal dan tidak bertanggung jawab,” dan mengatakan bahwa hal tersebut “menyoroti pengabaian yang sangat besar terhadap pelaksanaan hak dan hak eksklusif Filipina yang sah di negara kita sendiri. Zona Ekonomi,” atau ZEE.

Scarborough Shoal, yang dikenal di Manila sebagai Baja de Masinloc, terletak sekitar 198 kilometer di sebelah barat pulau Luzon, tepat di ZEE Filipina.

Namun perairan dangkal berbentuk segitiga tersebut berada di bawah kendali Tiongkok setelah perselisihan selama 10 minggu dengan Filipina pada tahun 2012 dan CCG tetap mempertahankan kehadirannya di sana sejak saat itu.

Meskipun pihak berwenang Tiongkok pernah mengizinkan nelayan Filipina untuk mengunjungi perairan dangkal tersebut, pemerintah Tiongkok telah membatasi akses ini selama 18 bulan terakhir, karena kedua negara terlibat dalam perselisihan yang intens di Laut Cina Selatan.

Tarriela menambahkan bahwa Penjaga Pantai Tiongkok “sekali lagi memasang penghalang terapung sepanjang 380 meter yang menutupi seluruh pintu masuk perairan dangkal tersebut, yang secara efektif membatasi akses ke wilayah tersebut.” Pihak berwenang Tiongkok tahun lalu memasang penghalang serupa, yang kemudian dihilangkan oleh PCG.

Dia menambahkan bahwa meskipun terdapat “tindakan pelecehan dan provokatif,” kapal-kapal Filipina tetap menyelesaikan patrolinya. “Mereka tidak gentar dan akan terus melakukan operasi sah mereka untuk mendukung nelayan Filipina dan menjamin keselamatan mereka,” katanya.

Media pemerintah Tiongkok mengkonfirmasi kemarin bahwa kapal-kapal Tiongkok telah mengusir dua kapal Filipina yang “menyusup ke perairan yang berdekatan dengan Huangyan Dao,” sebagaimana Beijing mengacu pada dangkalan tersebut. Juru bicara CCG Tiongkok juga membenarkan insiden tersebut, dan membela tindakan mereka sebagai tindakan yang “profesional, terstandardisasi, dan sah,” lapor Radio Free Asia. Juru bicara tersebut menambahkan bahwa tindakan Filipina “melanggar kedaulatan Tiongkok dan secara serius melanggar hukum internasional dan norma-norma dasar hubungan internasional.”

Penggunaan kekuatan oleh CCG telah menjadi hal yang rutin di Laut Cina Selatan, seiring dengan semakin tegasnya Beijing dalam menegakkan klaim “sembilan garis putus-putus” yang luas, khususnya terhadap Filipina. Selain Scarborough Shoal, titik konflik besar lainnya adalah Second Thomas Shoal di Kepulauan Spratly, sekitar 630 kilometer ke arah selatan, tempat Filipina mempertahankan pos terdepan di kapal perang era Perang Dunia II yang dilarang terbang. Selama 18 bulan terakhir telah terjadi konfrontasi berulang antara CCG dan kapal-kapal Filipina di perairan sekitar perairan dangkal tersebut, di mana kapal-kapal Tiongkok telah menabrakkan dan menembakkan meriam air ke kapal patroli PCG dan kapal-kapal pasokan sipil, dalam upaya untuk mencegah mereka memberikan pasokan kepada marinir Filipina. ditempatkan di beting.

Saat ini, masih belum jelas apakah pola eskalasi ini akan berakhir. Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. telah berjanji untuk tidak menyerahkan “satu inci pun” wilayah Filipina kepada Tiongkok, sementara Beijing terus memperlakukan Manila dan klaimnya dengan sikap meremehkan.

Meskipun tindakan Tiongkok saat ini dikalibrasi agar tidak dianggap sebagai tindakan perang, tindakan tersebut kini telah berulang kali mengakibatkan kerusakan material yang besar terhadap kapal-kapal Filipina, namun prospek bahwa salah satu insiden ini dapat memicu bentrokan yang lebih signifikan tidak dapat diabaikan. Pemerintah Amerika Serikat telah berkali-kali menegaskan bahwa setiap serangan bersenjata Tiongkok terhadap wilayah, kapal, atau personel Filipina di Laut Cina Selatan akan mewajibkan AS untuk memberikan bantuan kepada Filipina berdasarkan Perjanjian Pertahanan Bersama tahun 1951.

Tentu saja, perbedaan antara tindakan “penindakan” dan tindakan perang bersifat semantik – meriam air bertekanan tinggi dalam banyak hal merupakan senjata – namun upaya diplomatis untuk menyelesaikan perselisihan tersebut tampaknya terhenti. , pertanyaan ini dapat menentukan apakah sengketa Laut Cina Selatan pada akhirnya akan meningkat menjadi konflik bersenjata.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA