Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Walau Cuaca Dingin, WNI Antusias Mengikuti Rangkaian Idulfitri di KBRI Beijing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 10 April 2024, 22:55 WIB
Walau Cuaca Dingin, WNI Antusias Mengikuti Rangkaian Idulfitri di KBRI Beijing
Salat Idulfitri berjamaah di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing, China/Ist
rmol news logo Pekik takbir dan salawat membuka Salat Idulfitri berjamaah di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing, China, pukul 08.30 waktu setempat.

Walau dalam kondisi hujan dan cuaca dingin 9 derajat Celcius, salat Idulfitri tersebut diikuti oleh sekitar 400 warga negara Indonesia (WNI), yang mayoritas adalah mahasiswa, pekerja migran profesional Indonesia dan seluruh staf KBRI Beijing.

Pelaksanaan Salat Id di KBRI Beijing diimami oleh Fadhil Fawwaz Revano, mahasiswa S1 di University of International Business and Economics Beijing dan bertindak selaku Khatib yaitu Ahmad Syifa Malahim, mahasiswa S3 pada Beijing Institute of Technology.

Selepas Salat Id, masyarakat Indonesia yang hadir mengikuti acara ramah tamah di Wisma Indonesia KBRI Beijing untuk saling bersilaturahmi, saling bermaaf-maafan.

Dalam kegiatan silaturahmi tersebut, tidak hanya dihadiri oleh WNI muslim saja, namun WNI non-muslim pun sangat antusias dan menantikan momen Idulfitri tersebut. Tak hanya dari Beijing, WNI yang tinggal jauh di luar Beijing seperti di Wuhan, Fuzhou dan Changchun pun turut hadir untuk mengikuti kegiatan rangkaian kegiatan Idulfitri di KBRI Beijing.

Pada kesempatan tersebut Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun menyampaikan ucapan selamat Idulfitri 1445 H kepada seluruh WNI di China yang hadir pada acara di Wisma Duta secara virtual.

"Hari kemenangan telah tiba. Semoga perayaan Idulfitri membawa kebahagian dan kedamaian bagi kita semua khususnya masyarakat Indonesia di Beijing dan China," katanya.

Dalam acara silaturahmi yang digelar di Wisma Indonesia tersaji hidangan khas Idulfitri di tanah air, seperti lontong sayur, opor ayam, gulai sayur nangka, sambal goreng ati ampela, kambing guling, telur pindang, sate ayam, batagor, dan makanan lainnya.

Kehangatan dan kebersamaan dengan seluruh masyarakat Indonesia yang berada di Beijing dan sekitarnya memperlihatkan kerinduan akan tanah air setidaknya terobati lewat perayaan Idulfitri tersebut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA