Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Ancam Gulingkan Kekuasaan Kim Jong Un

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 17 Desember 2023, 20:05 WIB
AS Ancam Gulingkan Kekuasaan Kim Jong Un
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un/Net
rmol news logo Peringatan tegas kembali diberikan Amerika Serikat kepada Korea Utara yang dinilai sebagai ancaman karena kekuatan nuklirnya.

Dalam sebuah pernyataan bersama pada Sabtu (16/12), Kelompok Konsultasi Nuklir AS-Korea Selatan menekankan bahwa serangan nuklir Korea Utara akan ditanggapi serius, bahkan jika harus menjatuhkan rezim Kim Jong Un.

"Serangan nuklir yang dilakukan Pyongyang terhadap Korea Selatan akan ditanggapi dengan respons yang cepat, luar biasa, dan tegas," bunyi pernyataan tersebut, seperti dimuat AFP.

AS juga kembali menegaskan komitmennya untuk melindungi Korea Selatan dari ancaman nuklir Korea Utara.

“Amerika Serikat menegaskan kembali komitmennya yang teguh untuk memberikan pencegahan yang lebih luas terhadap Korea Selatan (Republik Korea) yang didukung oleh seluruh kemampuan AS termasuk nuklir,” tambahnya.

Peringatan serupa pernah dikeluarkan Presiden AS Joe Biden bulan lalu. Da dengan tegas mengatakan bahwa setiap serangan nuklir oleh Korea Utara akan mengakibatkan berakhirnya pemerintahan Pyongyang.

Begitu pula seruan yang disampaikan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin lima bulan sebelumnya. Dia juga memperingatkan bahwa pihaknya akan melakukan apapun untuk menjatuhkan rezim Kim jika serangan nuklir benar-benar dilakukan.

Tahun lalu, Korea Utara menegaskan komitmennya untuk mengembangkan pertahanan nuklir.

Negara di Asia Timur itu juga berulang kali menyatakan tidak akan pernah menghentikan program nuklirnya karena itu diperlukan untuk melawan konfrontasi AS-Korea Selatan yang mengancam kedaulatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA