Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Selatan Kerahkan Jet Tempur Hadapi Pesawat Militer China dan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 14 Desember 2023, 13:43 WIB
Korea Selatan Kerahkan Jet Tempur Hadapi Pesawat Militer China dan Rusia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Korea Selatan dilaporkan mengerahkan jet tempur untuk menghadapi serbuan China dan Rusia di wilayah udaranya.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan melaporkan dua pesawat militer China dan empat pesawat militer Rusia memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (KADIZ) di lepas pantai timur pada Kamis (14/12) pukul 11.53 hingga 12.10 waktu setempat.

"Pesawat-pesawat tersebut tidak melanggar wilayah udara teritorial Korea Selatan," kata JCS, seperti dikutip Reuters.

Menurut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), ADIZ biasanya merupakan wilayah di mana negara-negara secara sepihak dapat meminta pesawat asing mengambil langkah khusus untuk mengidentifikasi diri mereka.

Berbeda dengan wilayah udara suatu negara yang biasanya berarti wilayah di atas wilayahnya yang terbentang sejauh 12 mil laut dari garis pantainya. Berbeda dengan wilayah udara, tidak ada hukum internasional yang mengatur zona pertahanan udara.

Moskow tidak mengakui zona pertahanan udara Korea. Sementara Beijing mengatakan zona tersebut bukanlah wilayah udara teritorial dan semua negara harus menikmati kebebasan bergerak di sana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA