Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Strategi Atasi Genosida Uighur, Turkistan Timur Gelar Sidang Umum di AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 15 November 2023, 15:02 WIB
Bahas Strategi Atasi Genosida Uighur, Turkistan Timur Gelar Sidang Umum di AS
Sidang Umum ke-9 Turkistan Timur di Washington DC, Amerika Serikat pada 10-12 November 2023/Net
rmol news logo Pemerintah Turkistan Timur di pengasingan telah mengadopsi deklarasi berisi 12 poin terkait strategi mengatasi genosida yang berlangsung di China terhadap minoritas Uighur, Kazakh, Kyrgyzstan, dan masyarakat Turki.

Deklarasi tersebut diadopsi selama Sidang Umum ke-9 Turkistan Timur di Washington DC, Amerika Serikat pada 10-12 November 2023.

“Pemerintah Turkistan Timur di Pengasingan, bersama dengan Parlemen Turkistan Timur di Pengasingan, mengumumkan selesainya Sidang Umum ke-9 Turkistan Timur. Peristiwa penting ini berlangsung pada 10-12 November 2023, di Washington Capitol Region, Amerika Serikat," kata deklarasi tersebut, seperti dikutip ANI News.

Sidang Umum ini digelar bertepatan dengan peringatan 90 tahun Republik Turkistan Timur Pertama (1933-1934) dan peringatan 79 tahun Republik Turkistan Timur Kedua (1944-1949).

Sidang tahun ini mempertemukan 60 anggota Parlemen Turkistan Timur di Pengasingan yang baru terpilih, mewakili komunitas diaspora Turkistan Timur dari 13 negara. Sesi Pembukaan mencakup pidato utama oleh Perdana Menteri Salih Hudayar dan Presiden Ghulam Yaghma.

Lebih dari selusin pengamat asing dan pembicara tamu, yang terdiri dari anggota parlemen asing, pejabat pemerintah, ahli strategi, peneliti, dan aktivis hak asasi manusia ikut serta dalam pertemuan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA