Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasil Investigasi Temukan Bahan Pembersih dalam Minuman Kemasan Coca-Cola di Kroasia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 11 November 2023, 11:23 WIB
Hasil Investigasi Temukan Bahan Pembersih dalam Minuman Kemasan Coca-Cola di Kroasia
Romerquelle Emotion Blueberry Delima produksi perusahaan Coca-cola Kroasia/Net
rmol news logo Pihak berwenang Kroasia terus mencari penyebab beberapa warganya yang menjadi sakit setelah meminum minuman bersoda dalam kemasan

Hasil penyelidikan terbaru menunjukkan adanya jejak bahan pembersih dalam minuman bersoda yang disajikan kepada seorang pria di Kroasia yang kemudian dirawat di rumah sakit karena cedera tenggorokan.

Analisis terhadap botol dan gelas yang disajikan kepada pria tersebut di sebuah kafe akhir pekan lalu di pelabuhan utara Rijeka menunjukkan bahwa isi keduanya mengandung zat yang sangat basa.

"Namun, masih belum jelas bagaimana minuman tersebut bisa sampai di sana, dan minuman serupa lainnya yang diuji bebas masalah," kata polisi dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (10/11).

Insiden tersebut memicu kekhawatiran di seluruh Kroasia, dengan puluhan orang mengeluhkan masalah serupa dalam beberapa hari terakhir, namun pihak berwenang mengatakan tidak ada korban luka serius lainnya yang terdeteksi.

"Berdasarkan komposisi kimia yang diketahui, dapat disimpulkan bahwa itu adalah sejenis bahan pencuci atau pembersih lemak," kata polisi.

Polisi mengatakan minuman lain, termasuk 20 botol minuman yang sama yang belum dibuka yang diminum pria tersebut, telah diuji dan ternyata tidak ada masalah.

Polisi tidak mengidentifikasi minuman tersebut, namun laporan sebelumnya mengatakan bahwa pria yang dirawat di rumah sakit di Rijeka pada akhir pekan karena cedera esofagus telah meminum Romerquelle Emotion Blueberry Pomegranate, merek Coca-Cola, yang dikemas dalam botol kaca.

Coca-Cola menyambut baik temuan polisi Kroasia.

“Kami menyambut kejelasan hasil tes ini bagi konsumen dan pelanggan kami setelah ketidakpastian beberapa hari terakhir,” kata Coca-Cola Hellenic dalam sebuah pernyataan.

“Pikiran kami tetap tertuju pada individu yang terkena dampak," katanya.

Coca-Cola Kroasia untuk sementara waktu menarik sejumlah minumannya dari pasar dan mengatakan pihaknya bekerja sama dalam penyelidikan.

Perusahaan juga mengatakan bahwa tinjauan awal yang dilakukannya tidak menemukan sesuatu yang luar biasa.

Menteri Kesehatan Kroasia Vili Beros berusaha mengecilkan kekhawatiran akan meluasnya masalah ini.

"Investigasi kriminal yang sedang dilakukan akan menentukan semua keadaan yang menyebabkan peristiwa ini," ujarnya.

Beros mengatakan, dari 45 orang yang mengeluhkan masalah serupa sejak kejadian tersebut, hanya empat di antaranya yang menunjukkan dampak besar pada saluran pencernaannya.

“Tidak ada alasan untuk panik,” kata Beros, seraya menambahkan bahwa pihak berwenang akan terus memantau situasi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA