Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Rivalitas Global, ASEAN Makin Mesra dengan Negara-negara Teluk

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 13 Oktober 2023, 16:59 WIB
Di Tengah Rivalitas Global, ASEAN Makin Mesra dengan Negara-negara Teluk
KTT ke-43 ASEAN di Jakarta pada September 2023/Net
rmol news logo Negara-negara Asia Tenggara dan kawasan Teluk tengah mengupayakan peningkatan hubungan kerjasama ekonomi dan energi melalui pertemuan puncak ASEAN-Dewan Kerjasama Teluk (GCC) pada pekan depan.

KTT perdana ASEAN-GCC dijadwalkan di Riyadh, Arab Saudi pada Jumat (20/10). Presiden Joko Widodo telah dikonfirmasi hadir untuk acara ini.

Menurut sejumlah ahli, KTT ASEAN-GCC ini menunjukkan upaya dua blok regional untuk menghindari persaingan pengaruh kekuatan negara-negara adidaya.

GCC terdiri dari Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab, Qatar, Bahrain dan Oman. Mereka pertama kali menjalin hubungan dengan ASEAN pada tahun 1990.

Dalam beberapa tahun terakhir, ASEAN telah meningkatkan hubungan dengan berbagai mitra dialog, seperti Amerika Serikat, China, India, Jepang, dan Australia, menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif.

Mengutip Channel News Asia, ASEAN kini sedang menjajaki kerja sama yang lebih besar dengan Timur Tengah.

Hubungan antara kedua kawasan semakin meningkat, dengan keenam anggota GCC menandatangani pakta perdamaian ASEAN, Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama (TAC), dalam beberapa tahun terakhir.

Peneliti Pusat Studi ASEAN di ISEAS-Yusof Ishak Institute, Sharon Seah meyakini akan ada upaya yang disepakati untuk memajukan hubungan dua organisasi tersebut.

“Mereka akan memperluas hubungan ke dalam perdagangan, investasi (dan) kerja sama di bidang energi. Kita sebenarnya sedang membicarakan masa transisi menuju energi ramah lingkungan akibat perubahan iklim. Ini adalah kekhawatiran yang dimiliki kedua belah pihak,” jelasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA