Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang Krisis Anak Muda, Lansia Kuasai 29,1 Persen Populasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 18 September 2023, 15:38 WIB
Jepang Krisis Anak Muda, Lansia Kuasai 29,1 Persen Populasi
Lansia di Jepang/Net
rmol news logo Krisis populasi di Jepang semakin nyata. Data baru-baru ini menunjukkan terjadi kenaikan jumlah lansia di Jepang, yang bahkan mencapai rekor.

Data dari Kementerian Dalam Negeri yang dirilis pada Minggu (17/9) memperlihatkan jumlah lansia berusia di atas 65 tahun di Jepang meningkat ke rekor 29,1 persen dari 29 persen pada tahun lalu.

Secara global, Jepang memiliki persentase lansia terbesar. Posisi kedua diisi oleh Italia dengan 24,5 persen, dan 23,6 persen untuk Finlandia.

Adapun lebih dari 10 persen penduduk Jepang tercatat telah berusia lebih dari 80 tahun untuk pertama kalinya.

“Jepang mempunyai persentase populasi lansia tertinggi di dunia,” kata Kementerian Dalam Negeri, seperti dimuat Channel News Asia.

Kementerian mengatakan dengan populasi generasi baby boomer yang memasuki usia 75 tahun atau lebih, sebanyak 124,4 juta penduduk Jepang terus bertambah tua.

Sekitar 12,59 juta orang berusia 80 tahun ke atas, sementara 20 juta orang berusia 75 tahun ke atas.

Selama beberapa dekade, populasi Jepang menyusut dan bertambah tua seiring dengan banyaknya generasi muda yang menunda pernikahan dan anak karena pekerjaan yang tidak stabil dan kesulitan ekonomi.

Akibatnya, biaya perawatan lansia di Jepang membengkak karena jumlah generasi muda yang tidak mencukupi untuk mengisi pekerjaan dan membiayai berbagai program sosial dan kesejahteraan.

Hal ini membuat Jepang bergantung pada angkatan kerja lanjut usia. Lebih dari 9 juta lansia bekerja, yang mencakup 13,6 persen angkatan kerja, atau satu dari tujuh pekerja di Jepang.

Seperempat dari seluruh lansia di Jepang memiliki pekerjaan, kurang dari Korea Selatan yang berjumlah 36,2 persen. Namun jauh di atas negara-negara berkembang lainnya seperti Amerika Serikat yang memiliki 18,6 persen, dan Prancis yang memiliki 3,9 persen.

Lebih dari sepertiga orang berusia antara 70 hingga 74 tahun mempunyai pekerjaan di Jepang.

Pada tahun 2040, populasi lansia Jepang diproyeksikan mencapai 34,8 persen dari populasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA