Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berdiri Sejak 1147, Masjid Bersejarah Koutoubia di Maroko Rusak Diterjang Gempa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 11 September 2023, 09:38 WIB
rmol news logo Gempa besar yang mengguncang Maroko menyebabkan ribuan jiwa melayang, menghancurkan berbagai bangunan, termasuk masjid bersejarah Koutoubia di Kota Marrakesh.

Maroko diguncang gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter pada Jumat malam (8/9). Gempa menewaskan sedikitnya 2.012 orang dan melukai lebih dari 2.059 orang. Banyak di antara mereka berada dalam kondisi kritis, menurut angka resmi terbaru, menimbulkan kekhawatiran bahwa korban tewas akan terus bertambah.

Gempa terjadi 72 kilometer barat daya kota bersejarah Marrakesh, menyapu bersih seluruh desa, termasuk menghancurkan bangunan bersejarah di antaranya
Masjid Koutoubia.

Masjid ini menjulang di atas alun-alun Jemaa El Fna yang luas, jantung kota Marrakesh, yang menjadi semarak setiap malam dengan para penari, pendongeng, pawang ular, dan lusinan kedai makanan yang penuh dengan hidangan tradisional Maroko.

Pihak berwenang menyatakan tingkat kerusakan masjid belum diketahui secara pasti. Sebagian besar situs bersejarah utama di kota tua itu juga mengalami kerusakan dengan tingkat yang berbeda.  

Direktur regional Unesco, Eric Falt, mengatakan kepada Morocco World News bahwa kerusakan yang terjadi jauh lebih signifikan dari yang diperkirakan.

"Setelah bencana seperti ini, hal terpenting adalah menyelamatkan nyawa manusia. Namun perlu juga segera merencanakan tahap kedua, yang mencakup rekonstruksi sekolah dan aset budaya yang terkena dampak gempa," kata Falt, setelah melakukan penilaian selama dua jam terhadap kota tersebut.

Masjid Koutoubia didirikan pada tahun 1147 oleh khalifah Almohad Abd al-Mu'min tepat setelah ia menaklukkan Marrakesh dari Almoravid.

Versi kedua dari masjid ini seluruhnya dibangun kembali oleh Abd al-Mu'min sekitar tahun 1158, dengan Ya'qub al-Mansur kemungkinan menyelesaikan pembangunan menaranya sekitar tahun 1195.

Masjid kedua ini adalah struktur yang berdiri saat ini. Ini dianggap sebagai contoh klasik dan penting dari arsitektur Almohad dan arsitektur masjid Maroko pada umumnya.

Masjid ini memiliki menara setinggi 77 meter (253 kaki), dihiasi dengan berbagai motif lengkungan geometris dan di atasnya terdapat puncak menara dan bola logam, yang dikenal sebagai “atap Marrakesh.”

Ini mungkin menginspirasi bangunan lain seperti Giralda di Seville dan Menara Hassan di Rabat , yang dibangun tak lama setelah itu di era yang sama.

Menara juga dianggap sebagai landmark dan simbol penting Marrakesh, kota yang rutin dikunjungi bintang-bintang Hollywood setiap bulan November untuk menghadiri festival film internasional, dengan beberapa pemutaran film berlangsung di bawah bintang-bintang di Jemaa El Fna.

Sharon Stone, Martin Scorsese, Sigourney Weaver dan Robert de Niro termasuk di antara mereka yang berjalan di karpet merah di negara yang telah lama menjadi lokasi favorit syuting film internasional itu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA