Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Elon Musk Dituding Pernah Matikan Sinyal Starlink dan Gagalkan Serangan Drone Ukraina ke Krimea

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 08 September 2023, 09:04 WIB
Elon Musk Dituding Pernah Matikan Sinyal Starlink dan Gagalkan Serangan Drone Ukraina ke Krimea
Elon Musk/Net
rmol news logo Gagalnya serangan Ukraina ke Krimea ternyata tidak lepas dari campur tangan miliarder Amerika Serikat, Elon Musk.

CNN pada Kamis (8/9) melaporkan dengan mengambil kutipan dari  buku Walter Isaacson tentang biografi pendiri SpaceX dan Tesla yang segera terbit, bahwa Musk diam-diam menginstruksikan para insinyurnya untuk mematikan komunikasi satelit Starlink ketika drone Ukraina mendekati pantai Krimea.

"Mereka akhirnya kehilangan konektivitas dan terdampar di pantai tanpa membahayakan,” kata Isaacson dalam bukunya yang dijadwalkan terbit minggu depan.

Langkah itu diambil Musk karena khawatir Rusia mungkin menggunakan senjata nuklir sebagai reaksi terhadap apa yang digambarkan sebagai “mini- Pearl Harbor.”

Menteri Transformasi Digital Ukraina Mikhail Fedorov kemudian memohon kepada Musk untuk mengaktifkan kembali sinyal melalui pesan teks, menguraikan kemampuan drone laut. Musk mengatakan tidak, dan menjelaskan bahwa Ukraina bertindak terlalu jauh dan mengundang kekalahan strategis dengan menyerang Krimea.

Serangan pesawat tak berawak yang gagal pertama kali dilaporkan oleh New York Times pada bulan Juli, namun tidak mencakup rincian pertukaran dengan Fedorov.

SpaceX telah menyumbangkan lebih dari 20.000 terminal Starlink ke Kyiv sejak Februari 2022, dengan tujuan menyediakan akses internet dan komunikasi kepada warga sipil. Namun, sistem tersebut langsung digunakan sebagai senjata, sehingga Musk harus menjelaskan kepada Moskow dan Washington.

“Bagaimana kabarku dalam perang ini?” tulis Isaacson mengutip perkataan Musk dalam salah satu percakapan mereka.

“Starlink tidak dimaksudkan untuk terlibat dalam perang. Hal ini dilakukan agar orang-orang dapat menonton Netflix dan bersantai serta online ke sekolah dan melakukan hal-hal baik yang damai, bukan serangan drone," ujarnya.

Menyusul upaya serangan terhadap Krimea, Musk mengatakan kepada Pentagon bahwa Starlink tidak akan terus menyumbangkan layanannya ke Ukraina. Ketika hal ini dibocorkan ke CNN, pemilik X itu secara terbuka mengubah kebijakannya dan menulis di akunnya bahwa “kami akan terus mendanai pemerintah Ukraina secara gratis.”

“Pentagon telah menyiapkan cek senilai 145 juta dolar AS untuk saya,” kata Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell, kepada Isaacson.

“Kemudian Elon menyerah pada omong kosong di Twitter dan para haters di Pentagon yang membocorkan cerita tersebut," katanya.

SpaceX akhirnya membuat Amerika Serikat dan beberapa negara Uni Eropa membayar 100.000 antena parabola lagi untuk Ukraina pada awal tahun 2023, menurut biografi tersebut.

Musk sejak itu mengatakan bahwa SpaceX tidak akan membiarkan eskalasi konflik yang dapat menyebabkan Perang Dunia III, termasuk penggunaan Starlink untuk serangan drone jarak jauh.

Musk tidak bereaksi terhadap cerita CNN sampai pada hari berikutnya, ketika dia memposting di X untuk mengklarifikasi apa yang terjadi.

“SpaceX tidak menonaktifkan apa pun,” kata Musk.

"Ukraina telah meminta aktivasi sinyal Starlink sampai ke Sevastopol. Tujuan yang jelas adalah untuk menenggelamkan sebagian besar armada Rusia yang sedang berlabuh,” jelasnya.

“Jika saya menyetujui permintaan mereka, maka SpaceX akan secara eksplisit terlibat dalam tindakan besar perang dan eskalasi konflik," ujarnya.

Isaacson adalah mantan editor TIME, profesor sejarah di Universitas Tulane, dan penulis biografi Benjamin Franklin, Albert Einstein, Henry Kissinger dan Steve Jobs. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA