Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kamala Harris: AS Akan Bangun ASEAN Center Pertama di Washington DC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 06 September 2023, 17:12 WIB
Kamala Harris: AS Akan Bangun ASEAN Center Pertama di Washington DC
Wakil Presiden AS Kamala Harris memberi sambutan di KTT ke-11 ASEAN-AS pada Rabu, 6 September 2023/RMOL
rmol news logo Dalam upaya mengoptimalkan kerja sama dengan ASEAN, Amerika Serikat Berencana membangun kantor pusat ASEAN atau ASEAN Center di Washington DC.

Kabar itu disampaikan langsung oleh Wakil Presiden AS Kamala Harris di pembukaan KTT ke-11 ASEAN-AS di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (6/9).

Harris mengatakan pendirian ASEAN Center merupakan yang pertama di Amerika dan rencananya akan dibangun melalui kolaborasi antara pemerintah dan swasta.

"Dan hari ini, saya dengan bangga mengumumkan bahwa kita akan membangun melalui kemitraan publik-swasta, Pusat ASEAN pertama di Washington DC," ungkap Harris di hadapan Presiden RI Joko Widodo dan para pemimpin ASEAN lainnya.

Dia menjelaskan, kantor itu dibangun untuk memfasilitasi kegiatan ASEAN di Amerika Serikat secara resmi.

"ASEAN Center akan membantu mendukung keterlibatan resmi ASEAN dan mendukung pertukaran lebih lanjut antara masyarakat, dunia usaha, dan institusi akademis," kata Harris.

Harris meyakinkan para pemimpin, bahwa komitmen AS untuk ASEAN sangat besar. Itu dibuktikan dengan diutusnya Duta Besar AS untuk ASEAN Yohannes Abraham di Jakarta.

"Dia adalah penasihat dekat Presiden Joe Biden. Saya tahu kepemimpinannya akan membantu mencapai kemajuan dalam banyak masalah yang akan kita diskusikan hari ini," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA