Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kantongi 70 Persen Suara, Tharman Shanmugaratnam Menangkan Pilpres Singapura

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 03 September 2023, 07:00 WIB
Kantongi 70 Persen Suara, Tharman Shanmugaratnam Menangkan Pilpres Singapura
Tharman Shanmugaratnam memenangkan Pilpres Singapura 2023/Net
rmol news logo Warga Singapura telah memilih mantan menteri keuangan, Tharman Shanmugaratnam, sebagai presiden untuk menggantikan Halimah Yacob yang masa jabatannya telah habis.

Tharman berhasil memperoleh 70,4 persen suara selama pemungutan suara pada Jumat (1/9). Angka ini jauh lebih besar dari dua kandidat lainnya, yaitu Ng Kok Song yang mendapat 15,72 persen suara dan Tan Kin Lian dengan 13,88 persen suara.

“Saya menyatakan Bapak Tharman Shanmugaratnam sebagai kandidat yang terpilih sebagai presiden Singapura,” kata petugas pemilu, Tan Meng Dui, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (3/9).

Para pengamat mengatakan kemenangan Shanmugaratnam merupakan dorongan bagi Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa, yang secara luas dianggap mendukung pencalonannya.

"Saya yakin ini adalah mosi percaya di Singapura. Ini adalah mosi optimisme untuk masa depan di mana kita bisa maju bersama," kata Shanmugaratnam dalam pidatonya sebelum hasil pemilu diumumkan.

Pada Sabtu (2/9), Perdana Menteri Lee Hsien Loong memberikan ucapan selamat untuk Tharman. Ia mengaku yakin Tharman dapat menjalankan tugas sebagai presiden dengan baik karena memiliki rekam jejak pelayanan publik yang panjang.

“Bapak Thaman juga telah menyatakan niatnya untuk bekerja sama dengan Pemerintah," tambahnya.

Lee mengatakan bahwa sebagai kepala negara, presiden harus menjadi sosok pemersatu yang dapat dihormati dan diidentifikasi oleh seluruh warga Singapura. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA