Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Akan Bangun Pelabuhan Hanya 200 Km dari Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 31 Agustus 2023, 14:13 WIB
AS Akan Bangun Pelabuhan Hanya 200 Km dari Taiwan
AS akan membangun pelabuhan di Kepulauan Batanes, Filipina/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) sedang melakukan negosiasi dengan Filipina untuk membangun pelabuhan sipil di sebuah pulau dekat Taiwan, di tengah meningkatnya potensi ancaman serangan China.

Pelabuhan tersebut akan dibangun di Kepulauan Batanes, bagian utara Filipina yang hanya berjarak kurang dari 200 km dari Taiwan.

Mengutip Reuters pada Kamis (31/8), rencananya pelabuhan tersebut akan dibangun di tepi selatan Selat Bashi, jalur air penting bagi kapal-japal yang melintasi Pasifik Barat dan Laut China Selatan.

Gubernur Provinsi Kepulauan Batanes Marilou Cayco mengatakan pihaknya tengah mencari investasi dari AS untuk membangun pelabuhan alternatif yang memungkinkan kargo dari ibu kota Manila dibongkar selama musim hujan.

"Rencananya pelabuhan tersebut akan dibangun di Pulau Basco, di mana akses terhadap fasilitas yang ada seringkali terhambat oleh gelombang besar," ujar Cayco.

Adapun keputusan terkait proyek tersebut akan diambil pada bulan Oktober.

Selama setahun terakhir, Filipina telah memperluas penggunaan pangkalan militernya oleh militer AS, sehingga melipatgandakan jumlah bantuan kemanusiaan.

Selain itu, ribuan tentara AS kini secara rutin dirotasi masuk dan keluar Filipina untuk berpartisipasi dalam manuver pelatihan bersama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA