Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Polandia: Rusia Sedang Memindahkan Senjata Nuklir ke Belarusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 23 Agustus 2023, 14:08 WIB
Presiden Polandia: Rusia Sedang Memindahkan Senjata Nuklir ke Belarusia
Presiden Polandia Andrzej Duda, (kiri) dan Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa (kanan) saat meninjau penjaga kehormatan selama kunjungan kenegaraan di Istana Belvedere di Warsawa, Polandia, Selasa, 22 Agustus 2023/AFP
rmol news logo Rusia dikabarkan tengah memindahkan beberapa senjata nuklir jarak pendeknya ke Belarusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Polandia, Andrzej Duda, saat konferensi pers bersama dengan timpalannya dari Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa, yang sedang berkunjung ke negara itu.

"Dalam kesempatan ini, saya telah berbicara dengan Presiden de Sousa mengenai pelaksanaan deklarasi Vladimir Putin mengenai pengiriman senjata nuklir taktis Rusia ke wilayah Belarus. Faktanya, proses ini sedang berlangsung dan kami melihat itu," ujar Duda.

Dalam konferensi pers Bersama itu, Presiden de Sousa bersumpah untuk terus mendukung perjuangan Ukraina melawan invasi Rusia, sementara Duda mengatakan Polandia akan terus mengawasi transfer Rusia atas beberapa senjata nuklir ke negara tetangga Belarusia.

Mengutip laporan FOX News, Rabu (23/8), kabar mengenai pemindahan senjata ini muncul sehari setelah Kedutaan Besar Amerika Serikat di Belarus mengeluarkan peringatan bagi warga negara Amerika untuk segera meninggalkan negara tersebut.

Peringatan ini juga disertai dengan larangan perjalanan ke Belarus, yang menambah ketegangan dan kekhawatiran akan keselamatan banyak orang di kawasan tersebut.

Tindakan yang dilakukan Washington ini muncul setelah Lithuania menutup dua penyeberangan perbatasan utama dengan Belarusia, sebagai respons terhadap kehadiran kelompok militer bayaran Rusia, Wagner Group di perbatasannya.

Sementara, pemindahan senjata nuklir tersebut sebelumnya telah diumumkan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko pada Maret lalu. Namun, pemindahan sebenarnya senjata ini baru muncul dalam sorotan  akhir-akhir ini yang menambah ketegangan.

Pemerintah Rusia berjanji akan tetap mengendalikan senjata nuklir yang telah dipindahkan ke Belarusia. Sementara Belarusia sendiri merupakan negara yang memiliki posisi strategis dan penting, karena berbatasan langsung dengan beberapa negara anggota NATO seperti Polandia, Lituania, Latvia, dan Ukraina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA