Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadiri KTT BRICS, Presiden China Xi Jinping Terbang ke Afrika Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 22 Agustus 2023, 04:20 WIB
Hadiri KTT BRICS, Presiden China Xi Jinping Terbang ke Afrika Selatan
Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Sejumlah pemimpin negara anggota dipastikan hadir seluruhnya di KTT BRICS yang digelar di Afrika Selatan, termasuk Presiden China Xi Jinping.

Kepastian tersebut dikonfirmasi dalam laporan media resmi China pada Senin (31/8).

"Presiden China Xi Jinping meninggalkan Beijing pada hari Senin untuk KTT BRICS ke-15 yang akan diadakan di Johannesburg, Afrika Selatan, dan untuk kunjungan kenegaraan ke Afrika Selatan," lapor Xinhua.

Kehadiran Xi di Afrika akan menjadi perjalanan luar negeri keduanya tahun ini, setelah kunjungan ke Rusia pada bulan Maret.

KTT BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, Afrika Selatan), sekelompok negara yang bermaksud untuk menjadi penyeimbang pengaruh Barat, akan dimulai Selasa hingga Kamis (22-24 Agustus).

Selain Xi, Presiden Indonesia Joko Widodo, kepala negara Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva juga hadir. India akan diwakili oleh Perdana Menterinya, Narendra Modi, dan Rusia oleh Menteri Luar Negerinya, Sergei Lavrov.

Presiden Rusia Vladimir Putin, di bawah surat perintah penangkapan dari Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) atas kejahatan perang di Ukraina, akan berpartisipasi melalui konferensi video.

Xi Jinping telah mengunjungi Afrika Selatan pada 2018 untuk memperkuat hubungan diplomatik dan ekonomi negaranya dengan benua Afrika. Memperluas keanggotaan BRICS, yang sudah mencapai 42 persen dari populasi dunia, diperkirakan akan dibahas pada pertemuan puncak minggu ini di Johannesburg.

Sekitar empat puluh negara telah mengajukan keanggotaan atau menyatakan minat untuk bergabung dengan grup. Iran, Argentina, Bangladesh, dan Arab Saudi termasuk di antara para pesaing.

Jokowi sendiri sudah mendarat di Afrika Selatan pada Senin. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA