Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketegangan Belarusia dan Polandia Meningkat, Pentagon Beri Dukungan untuk Warsawa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 05 Agustus 2023, 14:09 WIB
Ketegangan Belarusia dan Polandia Meningkat, Pentagon Beri Dukungan untuk Warsawa
Ilustrasu/Net
rmol news logo Pentagon menyatakan dukungannya atas tanggapan tegas Polandia terhadap pelanggaran wilayah udaranya pada awal bulan ini oleh dua helikopter Belarusia.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Pentagon pada Jumat (4/8), Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin melakukan panggilan telepon dengan Menteri Pertahanan Polandia Mariusz B?aszczak untuk menyampaikan dukungannya.

"Sekretaris Austin menekankan dukungan AS terhadap tanggapan Polandia dalam menghadapi serbuan 1 Agustus ke wilayah udara Polandia oleh pesawat Belarusia," bunyi pernyataan Pentagon.

Selain membahas serangan helikopter, keduanya juga mengadakan pembicaraan tentang kehadiran Grup Wagner Rusia di perbatasan Belarusia dan berkomitmen untuk memantau situasi itu dengan cermat.

Mengutip Anadolu Agency, Sabtu (5/8), laporan menyebutkan bahwa dua helikopter Belarusia terlihat terbang di atas daerah Bialowieza, dekat perbatasan Polandia-Belarusia, pada tanggal 1 Agustus.

Akibat insiden ini, Kementerian Luar Negeri Polandia mengeluarkan protes keras dan memberitahu NATO tentang kejadian tersebut.

Dalam peringatannya, Kementerian itu meminta Belarus untuk memberikan penjelasan atas pelanggaran wilayah udaranya, dan dengan tegas menuntut Belarus untuk memperbaiki sikapnya serta menghentikan provokasi di sepanjang perbatasan Polandia.

Setelah insiden ini terjadi dan ketegangan meningkat, Menhan B?aszczak memutuskan untuk meningkatkan jumlah pasukan dan aset militer di perbatasan, termasuk helikopter, untuk mengamankan negaranya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA