Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Mahasiswa Indonesia di Tomsk State University Dinobatkan sebagai Putra-Putri Permira 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 02 Agustus 2023, 09:18 WIB
Dua Mahasiswa Indonesia di Tomsk State University Dinobatkan sebagai Putra-Putri Permira 2023
Dubes RI Jose Tavares menobatkan dua mahasiswa sebagai Putra-Putri Permira 2023 di Moskow/Ist
rmol news logo Final pemilihan Putra-Putri Permira (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia) 2023 atau PPP 2023 sukses digelar dengan mengusung tema “Embracing the ASEAN Spirit through Indonesian Heritage among Youth in Russia” di KBRI Moskow, Minggu (30/7).

PPP 2023 sendiri digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow bekerja sama dengan Permira.

Dalam pemilihan tersebut, mahasiswa asal Medan, Khairi Wiryawan dan mahasiswa asal Semarang, Diah Pitaloka Margareta dinobatkan sebagai Putra-Putri Permira 2023. Keduanya merupakan mahasiswa dari Tomsk State University.

Sedangkan runner up PPP 2023 terpilih Rangga Allfattah, mahasiswa Astrakhan States University, Astrakhan dan Zakiah Zahra Arisona yang tercatat sebagai mahasiswi Ural Federal University, Yekaterinburg.

Dutabesar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, Jose Tavares menilai, PPP 2023 penting sebagai upaya membangun rasa percaya diri peserta serta menjadi ajang mahasiswa berorganisasi.

“Semua peserta adalah pemenang. KBRI Moskow mendukung berbagai kegiatan positif Permira karena mahasiswa adalah bagian penting dalam menyosialisasikan citra positif Indonesia kepada masyarakat Rusia,” ujar Dubes Jose Tavares dalam keterangannya, Rabu (2/8).

Dubes Jose Tavares lantas berpesan, di tengah kesibukan melakukan berbagai kegiatan dan bersosialisasi dengan lingkungan, mahasiswa tidak boleh melupakan belajar.

“Adik-adik agar tetap memprioritaskan belajar dan tugas perkuliahan agar dapat selesai studinya di Rusia dengan sebaik-baiknya dan sesuai waktunya dan selanjutnya kembali ke tanah air Indonesia," sambungnya.

Babak penyisihan pemilihan PPP 2023 dimulai sejak April 2023 yang diikuti 27 mahasiswa Indonesia dari berbagai kota di Rusia, yakni  Moskow, St. Petersburg, Kazan, Astrakhan, Orenburg, Tomsk, Obninsk, Rostov-on-Don, Irkutsk, Vladivostok, Niizhniy Novnogrod, dan Yekaterinburg.

Selama babak penyisihan, peserta diwajibkan membuat content di media sosial dan essay, pemberian materi pengembangan diri, kepemimpinan, public speaking, kebudayaan, psikologi dan kesehatan mental, diplomasi publik, dan branding serta keterampilan.

Pemenang dan finalis PPP 2023 mendapatkan piala, sertifikat dan bantuan biaya pendidikan yang diserahkan langsung oleh Dubes RI Moskow.

Dalam ajang tersebut, mahasiswa Southern Federal University, Rostov on Don, Vino Simanungkalit dan mahasiswi Kazan National Research Technical University named after A. N. Tupolev, Kazan, Samrina Wulanda Putri dinobatkan sebagai Best Content Creator.

Sementara mahasiswa St. Petersburg State University of Architecture and Civil Engineering, St. Petersburg, Muhammad Ichda Prasetya Nur dan mahasiswi Nizhny Novgorod State National Research University NI Lobachevsky, Nizhny Novgorod, Shilvana Sauma Alhanda dinobatkan sebagai Putra-Putri Persahabatan Permira 2023. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA