Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Narkoba Jenis Baru Hantui Sierra Leone, Banyak Pemuda Kecanduan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 22 Juli 2023, 09:09 WIB
Narkoba Jenis Baru Hantui Sierra Leone, Banyak Pemuda Kecanduan
Salah satu bahan dalam Kush/Net
rmol news logo Sierra Leone sedang diresahkan dengan kemunculan narkoba jenis baru bernama Kush yang beredar di kalangan pemuda Afrika Barat yang rata-rata hidup dalam kemiskinan.

Obat yang dibuat secara sintetik tersebut muncul sekitar enam tahun yang lalu, meskipun komposisinya masih samar.

Ini adalah zat yang digulung dan dihisap seperti rokok atau ganja.

"Diproduksi dan didistribusikan oleh geng kriminal, narkoba ini merupakan penggabungan dari berbagai bahan kimia dan tanaman yang meniru THC alami (cannabinoid) yang ditemukan di ganja," kata Abdul Sheku Kargbo, kepala Badan Penegakan Hukum Narkoba Nasional.

"Konsentrasi bahan aktif dapat ditingkatkan secara eksponensial, meningkatkan potensi," katanya.

Staf medis di ibu kota Freetown mengatakan bahwa 90 persen pria yang masuk ke bangsal psikiatri pusat adalah karena penggunaan Kush.

Polisi Sierra Leone saat ini berjuang untuk memenangkan perang melawan narkoba.

Ibrahim Hassan Koroma, pendiri sebuah LSM bernama Mental Watch Advocacy Network ikut menyuarakan keprihatinan.

"Orang-orang muda saat ini sedang sekarat," kata Koroma.

"Kami membutuhkan strategi yang cepat dan terfokus untuk melihat bagaimana anak muda mengambil dari asupan obat ini. Tapi saat ini cukup mengkhawatirkan," ujarnya.

Belakangan, pengguna Kush terlihat di mana-mana di wilayah Freetown, dari daerah kumuh hingga daerah kaya. Mereka nampak teler, duduk merosot dengan kepala terkulai dan terkadang tidur sambil berdiri.

“Obat terbaru bernama kush ini merajalela di masyarakat Sierra Leone,” kata Nyamacoro Sarata Silla, seorang pensiunan perawat, kepada DW.

Ketika orang menghisap narkoba ini, dia bisa berubah menjadi sosok yang aneh, menurutnya. Misalnya, mereka bisa berjalan di tengah jalan dan tiba-tiba tertidur sambil berdiri.

Kadiatu, seorang perempuan lokal berusia 22 tahun termasuk di antara mereka yang kecanduan narkoba.

“Kadang-kadang ketika saya bangun dari tidur tanpa merokok, badan dan persendian saya terasa sakit,” katanya.

"Setelah saya merokok dua, tiga (sendi), saya merasa baik-baik saja, saya merasa baik-baik saja, meditasi saya berubah, suasana hati saya menjadi dingin. Setelah merokok saya banyak makan," katanya.

Untuk memperoleh narkoba itu, dia bahkan harus menjadi pekerja seks. Dia memiliki bekas luka dari serangan pisau dan, dia mengakui, luka psikis juga.

"Saya dulu adalah wanita yang ceria dengan begitu banyak gaun mode. Lihat rambut di kepalaku, aku tidak mengepang rambutku (lagi)," katanya.

Ia kerap menyusuri jalan-jalan di distrik miskin Kota Kepiting, menuju "tempat persembunyian" di mana mungkin dia bertemu dengan seratus pengguna kush. Lalu ikut menghisapnya.

Koroma mengatakan, akar penyebab kecanduan mereka adalah kemiskinan dan penelantaran.

"Kami tidak ingin mendiskriminasi mereka atau menuding mereka, itu stigmatisasi," katanya.

Satu-satunya rumah sakit jiwa di Sierra Leone, sebuah fasilitas yang direnovasi dari era kolonial Inggris, dibanjiri oleh para pecandu muda yang dibawa oleh keluarga yang sangat membutuhkan bantuan.

"Enam puluh persen penerimaan rumah sakit terkait dengan kush," kata Jusu Mattia, penjabat pengawas medis dan psikiater residen.

Di tengah kurangnya sarana dan prasarana, pasien di unit penyalahgunaan zat, terlihat puluhan pasien terbaring di tempat tidur.

"Rumah sakit menerima pasien yang berada di ujung ekstrim - mereka mabuk, atau psikotik," katanya.

Perawatan bagi pecandu berlangsung di ruang isolasi antara tiga sampai enam minggu dengan didukung oleh obat antipsikotik untuk membantu menyapih pasien dari kecanduan mereka.

Mereka dapat menjalani psikoterapi dan mengikuti kegiatan sosialisasi seperti olahraga dan menjahit.

Michael Mannah, seorang siswa berusia 22 tahun, mengatakan hidupnya telah berubah setelah bertahun-tahun mengkonsumsi kush.

"Saya sempat menjadi Michael yang jahat, bukan Michael yang baik seperti saya sekarang," katanya, berbicara di salah satu asrama.

"Saya merasa seperti berada di dunia lain, berbeda dari dunia ini," lanjutnya, seraya mengingatkan agar teman-temannya segera menjauhi narkoba.

"'Menjauh dari kush', itu saran terbaik yang saya miliki," katanya.

Fasilitas perawatan bagi para pecandu memiliki tenaga yang terbatas, apalagi mengingat pasien seringkali mengalami "kambuh".

"Banyak pecandu kush tidak memiliki akses ke pengobatan apa pun. Ada beberapa pecandu yang dianggap tidak berbahaya, mereka dibiarkan sendiri, hidup sebagai mayat hidup tetapi tanpa ada yang merawat mereka," kata pengawas Mattia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA