Menurut studi South African Social Media Landscape 2023, Facebook masih mendominasi ranah media sosial negara itu dengan pengguna sebesar 56,7 persen di seluruh negeri yang berusia 15 tahun ke atas. Namun, dominasi perusahaan Meta itu kini disebut semakin terancam oleh pesatnya pertumbuhan TikTok yang kini menduduki pangsa pasar sebesar 30,6 persen, menyalip Instagram, yang hanya sekitar 27,6 persen.
Mengutip
Bernama, Selasa (18/7), platform TikTok telah berhasil menarik perhatian tidak hanya dari audiens di bawah usia 15 tahun, tetapi juga dari kelompok usia 15 tahun ke atas di pasar tersebut, sehingga menjadi platform terpopuler kedua di Afrika Selatan.
Sementara Twitter tetap berada di posisi keempat dengan pangsa pasar sebesar 22,5 persen, LinkedIn menyusul di belakangnya menempati posisi kelima dengan pangsa pasar sebesar 14,7 persen, yang populer di kalangan para pekerja.
Studi ini menggabungkan data dari Target Group Index Ask Afrika yang mengumpulkan tanggapan dari 24.744 responden, serta survei Ornico dan World Wide Worx sendiri yang menyoroti penggunaan media sosial oleh merek-merek terkemuka di Afrika Selatan.
Tidak hanya di Afrika Selatan, aplikasi berbagi video itu asal China itu kini telah menjadi salah satu platform paling populer di berbagai belahan dunia, dengan laporan We Are Social mencatat, pengguna TikTok diperkirakan mencapai 1,09 miliar di seluruh dunia pada April 2023.
BERITA TERKAIT: