Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengadilan Batalkan Pembebasan Mantan Presiden Afsel, Pengacara: Dia di Rusia untuk Pengobatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Juli 2023, 08:53 WIB
Pengadilan Batalkan Pembebasan Mantan Presiden Afsel, Pengacara: Dia di Rusia untuk Pengobatan
Jacob Zuma/Net
rmol news logo Di tengah kasus hukum yang membelitnya, mantan presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dikabarkan sedang berada di Rusia untuk menerima perawatan medis.

Hal itu dijelaskan juru bicara Zuma, Mzwanele Manyi, pada jumat (14/7), sehari setelah pengadilan tertinggi negara itu menguatkan putusan bahwa dia harus kembali ke penjara.

"Zuma melakukan perjalanan ke Rusia minggu lalu karena alasan kesehatan," kata Manyi, seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (15/7).

Manyi menambahkan bahwa perjalanan tersebut bersifat pribadi dan bukan rahasia, setelah informasi tersebut dipublikasikan oleh media lokal.  

“Dia akan kembali ke Afrika setelah dokternya menyelesaikan perawatan mereka,” kata Manyi.

Pada Kamis, mahkamah konstitusi menguatkan putusan bahwa Zuma harus kembali ke penjara untuk menyelesaikan masa hukuman 15 bulan karena penghinaan terhadap pengadilan, menolak banding yang diajukan pengacara agar dia keluar dari penjara.

Namun, tidak segera jelas apakah dia akan kembali ke tahanan. Otoritas penjara mengatakan mereka sedang mempelajari putusan dan akan mencari nasihat hukum.

Zuma menjabat sebagai presiden dari 2009 hingga 2018 sebelum dipaksa keluar karena skandal korupsi.  

Dia dijatuhi hukuman pada Juni 2021 setelah menolak bersaksi di depan panel yang menyelidiki kebobrokan keuangan dan kronisme di bawah masa jabatannya.  

Dua bulan sejak ditahan, Zuma kemudian dibebaskan dengan pembebasan bersyarat medis, sebuah keputusan yang dibatalkan dan sejak itu telah dikonfirmasi.

Dia menghadapi tuduhan korupsi terpisah dalam skandal pengadaan senjata sejak akhir 1990-an, ketika dia menjabat wakil presiden. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA