Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmikan Pembukaan Kedubes di Beijing, PM Kepulauan Solomon: Bodoh Jika Tidak Bekerja Sama dengan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 12 Juli 2023, 11:12 WIB
Resmikan Pembukaan Kedubes di Beijing, PM Kepulauan Solomon: Bodoh Jika Tidak Bekerja Sama dengan China
Direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Komite Sentral Partai Komunis China (PKC), Wang Yi dan Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare saat meresmikan pembukaan Kedutaan Besar Kepulauan Solomon di Beijing pada Selasa, 12 Juli 2023/Xinhua
rmol news logo Kepulauan Solomon resmi membuka kedutaan besarnya di China pada Selasa (11/7), yang diiringi dengan upacara yang meriah dengan tepuk tangan dan tarian.

Pembukaan tersebut dihadiri langsung oleh Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare, dan direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Komite Sentral Partai Komunis China (PKC), Wang Yi.

Mengutip Global Times, dalam sambutannya, Wang memberikan ucapan selamat atas pembukaan kedutaan itu. Ia menyatakan bahwa negara tersebut telah menjalin hubungan diplomatik dengan China, dan berpihak pada keadilan internasional, kebenaran sejarah, dan perkembangan masa depan negara dan rakyat Kepulauan Solomon.

Wang menunjukkan bahwa sejak terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara empat tahun lalu, pertukaran bilateral telah bergerak maju dalam segala aspek.

"Kami senang melihat terobosan bersejarah dalam hubungan antara China dan Kepulauan Solomon," kata Wang.

Dalam acara tersebut, Sogavare memperkenalkan Barrett Salato sebagai Duta Besar Kepulauan Solomon baru untuk Tiongkok. Sebelumnya, Salato diketahui menjabat sebagai Komisaris Perdagangan di Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Eksternal Kepulauan Solomon.

Dengan adanya kedutaan ini, Sogavare menyampaikan harapannya agar hubungan bilateral, dan hubungan masyarakat kedua negara dapat semakin diperkuat di masa depan.

Dia juga menekankan bahwa China adalah negara yang luar biasa bagi negara-negara seperti Kepulauan Solomon dan negara-negara Kepulauan Pasifik lainnya.

Menurutnya akan sangat bodoh jika tidak meningkatkan kerja sama dengan China dan memanfaatkan seluruh peluang yang ditawarkan, khususnya dalam peluang pembangunan.

"China adalah teman baik kita, hubungan ini  dapat membantu mencapai tujuan pembangunan di Kepulauan Solomon," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA