Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky Bawa Pulang Lima Komandan yang Ditahan di Turki, Rusia Meradang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 09 Juli 2023, 08:04 WIB
Zelensky Bawa Pulang Lima Komandan yang Ditahan di Turki, Rusia Meradang
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membawa pulang lima komandan yang ditahan di Turki/Net
rmol news logo Kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Turki membawa hasil yang tidak terduga, yaitu dengan membawa pulang lima komandan garnisun yang menyerahkan diri ke Rusia.

Para komandan, yang dianggap sebagai pahlawan di Ukraina, memimpin pertahanan pelabuhan Mariupol pada tahun lalu, kota terbesar yang direbut Rusia dalam invasinya.

Ribuan warga sipil terbunuh di dalam Mariupol ketika pasukan Rusia menghancurkan kota itu selama pengepungan tiga bulan.

Pasukan Ukraina bertahan di terowongan dan bunker di bawah pabrik baja Azovstal, sampai mereka akhirnya diperintahkan oleh Kyiv untuk menyerah pada Mei tahun lalu.

Kemudian pada September, Moskow membebaskan beberapa dari mereka dalam pertukaran tahanan yang ditengahi oleh Ankara, dengan syarat para komandan harus tetap berada di Turki sampai perang berakhir.

Namun pada Sabtu (8/7), Zelensky membawa pulang lima komandan tersebut.

“Kami pulang dari Turki dan membawa pulang pahlawan kami. Tentara Ukraina, Denys Prokopenko, Svyatoslav Palamar, Serhiy Volynsky, Oleh Khomenko, Denys Shleha. Mereka akhirnya akan bersama kerabat mereka,” kata Zelensky, seperti dikutip Reuters.

Tidak lama, Rusia mengecam pembebasan para komandan. Jurubicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Turki telah melanggar ketentuan pertukaran tahanan dan gagal memberi tahu Moskow.

“Tidak ada yang memberi tahu kami tentang ini. Menurut perjanjian, para pemimpin kelompok ini akan tetap berada di wilayah Turki hingga akhir konflik," ujar Peskov.

Menurut Peskov, pembebasan itu adalah hasil dari tekanan berat dari sekutu NATO Turki menjelang pertemuan puncak aliansi militer minggu depan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA