Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Klaim Gagalkan Upaya Iran Sita Dua Kapal Tanker Minyak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 06 Juli 2023, 04:11 WIB
AS Klaim Gagalkan Upaya Iran Sita Dua Kapal Tanker Minyak
Ilustrasi/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) mengklaim telah berhasil menggagalkan upaya Iran untuk menyita dua kapal tanker minyak di dekat Selat Hormuz.

Komando Pusat Angkatan Laut AS pada Rabu (5/7) melaporkan kapal perusak berpeluru kendali USS McFaul telah mengusir kapal-kapal Iran yang berusaha mencegat dua kapal tanker minyak di lepas pantai Oman.

Ketika itu pasukan Iran juga dilaporkan menembaki satu kapal, tetapi tidak ada korban jiwa.

“Pada 5 Juli, pasukan AS mencegah dua upaya penyitaan kapal tanker komersial oleh Angkatan Laut Iran setelah Iran melepaskan tembakan di salah satu insiden di dekat pantai Oman. Kedua insiden ini terjadi di perairan internasional," kata Angkatan Laut AS, seperti dikutip Al Jazeera.

Insiden pertama dilaporkan terjadi sekitar pukul 01.00 waktu setempat. Saat itu pasukan Iran mendekati kapal tanker minyak berbendera Kepulauan Marshall TRF Moss. Kapal Iran berangkat ketika USS McFaul tiba di lokasi.

Sekitar tiga jam kemudian, Angkatan Laut AS mengatakan telah menerima panggilan darurat dari kapal tanker minyak berbendera Bahama, Richmond Voyager, yang telah diberi tahu oleh kapal Angkatan Laut Iran untuk berhenti.

Ketika kapal AS menuju ke tempat kejadian, pasukan Iran menembaki Voyager dengan semburan panjang dari senjata kecil dan senjata yang digunakan awak. Tetapi tidak ada kerusakan serius atau korban jiwa yang terjadi. Pasukan Iran pergi ketika USS McFaul tiba.

Angkatan Laut AS mengatakan telah meningkatkan kehadirannya di Selat Hormuz sejak Mei. Itu dilakukan karena ada peningkatan upaya Iran untuk merebut kapal komersial. AS mencatat, Iran sudah menyerang dan menyita hampir 20 kapal sejak 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA