Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India-Filipina Tingkatkan Kerja Sama Berbagai Sektor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 03 Juli 2023, 16:13 WIB
India-Filipina Tingkatkan Kerja Sama Berbagai Sektor
Menteri Luar Negeri India, S Jaishankar dan Menteri Luar Negeri Filipina, Enrique Manalo saat berjabat tangan di New Delhi pada Kamis, 29 Juni 2023/Net
rmol news logo India dan Filipina sepakat untuk meningkatkan kerja sama bilateral dalam berbagai bidang, khususnya dalam sektor perdagangan, investasi, pertahanan, kesehatan, kedokteran, hingga pertanian.

Komitmen ini disampaikan ketika Menteri Luar Negeri India S. Jaishankar dan Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo bersama-sama memimpin Komisi Gabungan Kerja sama Bilateral India-Filipina (JCBC) ke-5 di New Delhi pada Kamis (29/6).

Pada pertemuan tersebut, Menlu Jaishankar menyoroti pentingnya menstabilkan wilayah Indo-Pasifik, menjunjung tinggi supremasi hukum, dan mempromosikan multilateralisme yang inklusif.

"Seluruh kerja sama itu penting dilakukan, khususnya dalam bidang pertahanan. India dan Filipina adalah negara-negara demokratis di Asia yang memiliki banyak kesamaan dan pandangan yang serupa dalam isu-isu global dan regional," kata Jaishankar, seperti dikutip Business Standard, Senin (3/7).

Menanggapi hal tersebut, Menlu Manalo menuturkan bahwa negaranya telah menganggap India sebagai mitra prioritas, dan mereka berharap kedua negara dapat memperluas kemitraan ini lebih lanjut.

“Kami sangat mementingkan hubungan kami dengan India. Sejak JCBC pertama, sejumlah bidang kerja sama utama telah dibahas dan sebenarnya, tindakan telah diambil, dan kami berharap dapat memperluasnya lebih jauh ke diskusi kami hari ini," katanya.

Menurutnya, sejak kedua negara saling membuka Konsulat Jenderalnya masing-masing setelah kemerdekaan, Filipina telah merasakan kemajuan hubungan dengan India, dan ia optimis bahwa di masa depan hubungan kerja sama tersebut dapat semakin terjalin dengan erat. Tahun ini kedua negara itu akan merayakan pembentukan hubungan diplomatiknya yang ke-75 tahun . rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA