Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tim Penyelamat Anak Hilang di Amazon Dapat Medali Penghargaan dari Presiden

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 27 Juni 2023, 12:44 WIB
Tim Penyelamat Anak Hilang di Amazon Dapat Medali Penghargaan dari Presiden
Menteri Pertahanan Kolombia Ivan Velasquez dan Presiden Gustavo Petro berfoto di samping wanita yang membantu menyelamatkan anak-anak hilang di hutan Amazon, di Bogota, Kolombia pada Senin, 26 Juni 2023/Net
rmol news logo Medali penghargaan diberikan Presiden Kolombia Gustavo Petro kepada tim penyelamat dan militer atas keberhasilan mereka menemukan empat anak yang hilang di hutan Amazon.

Dalam sebuah upacara penganugrahan di ibukota Bogota pada Senin (26/6), Presiden Petro memberikan medali Ordo Boyaca, sebuah penghargaan tertinggi kedua dalam angkatan bersenjata dan tertinggi pertama untuk warga sipil.

Petro mengatakan, hadiah tersebut diberikan kepada mereka yang telah memberikan kehidupan bagi anak-anak yang hilang.

"Lebih dari sekadar medali yang bersifat simbolis. Ini adalah hadiah besar, hadiah besar untuk sebuah kehidupan,” kata Petro dalam pidatonya, seperti dimuat Al Jazeera.

Seekor anjing penyelamat militer, bernama Wilson, yang hilang selama operasi pencarian juga dianugerahi salah satu medali. Upaya untuk mencari Wilson masih dilakukan, meskipun petinggi militer Kolombia pesimis dengan hasilnya.

Anak-anak bernama Lesly, Soleiny, Tien Norie, dan Cristin yang berusia 13, sembilan, lima dan satu tahun selamat dari kecelakaan pesawat Cessna 206 yang menewaskan ibu mereka, pilot dan penumpang lainnya pada 1 Mei.

Mereka akhirnya ditemukan dalam kondisi kurus kerontang pada 9 Juni oleh sukarelawan dari masyarakat adat Muruy setelah operasi pencarian diluncurkan pemerintah dan dipimpin oleh Jenderal Pedro Sanchez.

Ke empat anak itu dapat bertahan selama 40 hari di hutan lebat berkat keterampilan yang mereka pelajari sebagai anggota salah satu komunitas Pribumi Kolombia.

Setelah diselamatkan, anak-anak dirawat di sebuah rumah sakit militer di Bogota, dan saat ini kondisinya mulai membaik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA