Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva: Monumen Presiden Soekarno akan Berdiri di Moskow dalam Waktu Dekat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 16 Juni 2023, 13:01 WIB
Dubes Rusia Lyudmila Vorobieva: Monumen Presiden Soekarno akan Berdiri di Moskow dalam Waktu Dekat
Duta Besar Rusia untuk RI, Lyudmila Vorobieva di perayaan Hari Nasional Rusia yang digelar di Hotel Mulia, Jakarta pada Kamis malam, 15 Juni 2023/RMOL
rmol news logo . Rencana pembangunan monumen patung Presiden Soekarno di Moskow kembali diungkapkan Duta Besar Rusia untuk RI, Lyudmila Vorobieva, selama perayaan Hari Nasional Rusia yang digelar di Hotel Mulia, Jakarta pada Kamis malam (15/6).

Dalam pidatonya, Dubes mengatakan bahwa upaya pembangunan monumen tersebut akan berlangsung dalam waktu dekat.

"Dengan senang hati saya mengumumkan bahwa dalam waktu dekat monumen Presiden pertama Indonesia, Soekarno akan didirikan di Moskow," ungkap Dubes.

Dubes mengatakan inisiasi pendirian patung Soekarno merupakan tanggapan atas pendirian monumen kosmonot Uni Soviet Yuri Gagarin oleh pemerintah Indonesia di Taman Mataram yang diresmikan pada 11 Maret 2021 lalu.

Rencana pembuatan monumen Presiden RI pertama itu sebelumnya telah diungkapkan Kedutaan Besar Rusia di Jakarta lewat postingan di akun Twitter resminya.

"Patung Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno akan dibangun di Taman Seni Museon Moskow," bunyi cuitan tersebut yang diposting pada Sabtu (10/6).

Berdasarkan arsip 1956 dari Studio Film Dokumenter Pusat Uni Soviet diketahui Soekarno setelah mengunjungi Galeri Tretyakov berjalan di tepi sungai Moskow sepanjang lokasi yang sekarang menjadi Taman Seni Museon.

Tempat itu kemungkinan akan menjadi lokasi berdirinya monumen Soekarno di Rusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA