Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah 80 Tahun Hilang, Bangkai Kapal Selam Inggris era Perang Dunia II Ditemukan di Lepas Pantai Yunani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 14 Juni 2023, 14:16 WIB
Setelah 80 Tahun Hilang, Bangkai Kapal Selam Inggris era Perang Dunia II Ditemukan di Lepas Pantai Yunani
Bangkai kapal HMS Triumph/Net
rmol news logo Setelah menghilang lebih dari 80 tahun, bangkai kapal selam Inggris HMS Triumph yang tenggelam bersama seluruh awak kapal dalam misi rahasia selama Perang Dunia II akhirnya ditemukan di lepas pantai Yunani.

Lewat akun media sosial, penyelam veteran Yunani Kostas Thoctarides mengatakan kapal itu ditemukan di lokasi yang dirahasiakan di bawah Laut Aegea.

?Ini menandai puncak dari pencarian kapal Royal Navy yang hilang selama lebih dari 20 tahun.

Thoctarides, yang mulai mengeksplorasi kapal selam pada tahun 1998, mengatakan dalam sebuah posting Facebook awal bulan ini bahwa pencarian HMS Triumph adalah misi tersulit selama hidupnya.

"Itu adalah misi tersulit yang pernah saya lakukan dalam hidup saya," kata Thoctarides, seperti dikutip dari AFP, Rabu (14/6).

Dia juga memposting video dan foto lokasi bangkai kapal yang berada 200 meter di bawah laut, menunjukkan kompas kapal selam, senjata dek, dan roda kemudi.

"Para peneliti di Jerman, Inggris, Italia, dan Yunani membantu mengidentifikasi tempat tenggelamnya kapal tersebut," kata Thoctarides.

Laporan Live Science mengungkapkan, HMS Triumph yang membawa 64 Awak secara resmi dinyatakan hilang pada Januari 1942 saat melakukan misi rahasia di lepas pantai Yunani. Misi tersebut adalah menyelamatkan sekitar 30 tentara Inggris yang melarikan diri dari penjaga Jerman mereka dari pulau kecil Aegean.

Tapi kapal selam itu tidak pernah muncul, dan para pelarian itu akhirnya ditangkap kembali.

Misi yang menentukan itu adalah yang terakhir bagi HMS Triumph setelah membantu merintis operasi khusus selama perang. ?

Ini termasuk penyelamatan beberapa tentara Sekutu yang terperangkap di Afrika Utara dan infiltrasi mata-mata Inggris ke Yunani yang diduduki Nazi untuk membantu kelompok perlawanan.?

Penemuan HMS Triumph terjadi setelah penjelajah mengumumkan pada bulan April bahwa mereka menemukan sebuah kapal Jepang yang tenggelam yang ditorpedo di lepas pantai Filipina pada tahun 1942, mengakibatkan kerugian masa perang maritim terbesar Australia dengan total 1.080 nyawa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA