Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Russia Day, Dubes Vorobieva Kunjungi Monumen Kapal Selam Pasopati Surabaya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 12 Juni 2023, 17:28 WIB
Russia Day, Dubes Vorobieva Kunjungi Monumen Kapal Selam Pasopati Surabaya
Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila G Vorobieva bersama dengan Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia, Muhammad Ali dan Wakil Panglima Angkatan Laut Rusia, Igor Mukhametshin meresmikan plakat persahabatan Indonesia-Rusia di Monumen Kapal Selam Pasopati, Surabaya pada Senin, 12 Juni 2023/Net
rmol news logo Bertepat dengan Hari Nasional Rusia atau "Russia Day" yang jatuh pada Senin (12/6), Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila G Vorobieva melakukan kunjungan ke Monumen Kapal Selam Pasopati di Surabaya.

Melalui postingan di akun Instagram Kedubes Rusia, terlihat Dubes Vorobieva mengenakan setelan hitam dan menghadiri upacara untuk meresmikan plakat persahabatan antara Indonesia dan Rusia di Monumen Pasopati.

Menurut Vorobieva, upacara tersebut didedikasikan untuk menghormati kemitraan luar biasa yang terjalin pada tahun 1950-1960-an ketika pemimpin Soviet Nikita Kruschev dan Presiden pertama Indonesia Soekarno menjalin persahabatan.

"Kedua pemimpin itu telah meletakkan prinsip persahabatan yang kuat, rasa hormat, dan kepercayaan sebagai dasar kerja sama Rusia-Indonesia," ungkapnya.

Dubes mengatakan, itulah alasan mengapa hingga kini Indonesia dan Rusia terus berusaha untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Vorobieva tidak sendiri, dalam upacara peresmian, turut hadir pula Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia, Muhammad Ali dan Wakil Panglima Angkatan Laut Rusia, Igor Mukhametshin.

Plakat yang diresmikan berbunyi: "Untuk mengenang hubungan persahabatan Indonesia-Rusia dalam memperjuangkan keutuhan wilayah NKRI".

Sementara itu, kapal selam Pasopati S-79 merupakan salah satu bukti nyata dari kedekatan sejarah Rusia dan Indonesia.

Kapal itu telah memberikan banyak memberikan kontribusi bagi perjuangan kemerdekaan dan keutuhan wilayah Republik Indonesia.

Pasopati S-79 diberikan oleh Uni Soviet kepada Indonesia pada 1963, sebagai wujud dari kemitraan yang terjalin di masa lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA