Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Jenderal Top Bertemu di Moskow, Bahas Kesiapan Tempur Angkatan Bersenjata Afrika Selatan dan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 16 Mei 2023, 08:56 WIB
Dua Jenderal Top Bertemu di Moskow, Bahas Kesiapan Tempur Angkatan Bersenjata Afrika Selatan dan Rusia
Letnan Jenderal Lawrence Mbatha dari Afrika selatan melakukan pertemuan dengan Jenderal Oleg Salyukov dari Rusia, di markas komando umum Rusia di Moskow, Senin 15 Mei 2023/ruptlytv
rmol news logo Di tengah tudingan keterlibatan Afrika Selatan (Afsel) dalam konflik Rusia dan Ukraina, komandan pasukan darat negara itu melakukan kunjungan resmi ke Moskow.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, Letnan Jenderal Lawrence Mbatha melakukan pertemuan dengan Komandan Pasukan Angkatan Darat Rusia Jenderal Oleg Salyukov, di markas komando umum Rusia di Moskow, Senin (15/5).

Pembicaraan keduanya menghasilkan kesepakatan tentang perluasan kerja sama lebih lanjut antara pasukan darat di berbagai bidang.

Kunjungan Mbatha ke Moskow telah direncanakan jauh sebelum duta besar AS untuk Afsel pada pekan lalu menuduh bahwa Afsel telah memberikan senjata kepada Rusia ketika sebuah kapal di bawah sanksi AS melakukan perhentian rahasia di sebuah pangkalan angkatan laut Afrika Selatan pada bulan Desember.

“Dalam pertemuan para pemimpin militer, dicapai kesepakatan untuk memperkuat kerja sama antara pasukan darat di berbagai bidang dan meningkatkan kesiapan tempur bersama,” kata Kementerian tersebut.

Selama kunjungan ke Rusia, delegasi akan mengunjungi lembaga pendidikan militer angkatan darat Rusia dan perusahaan kompleks industri militer Rusia.

Rekaman menunjukkan Mbatha meletakkan karangan bunga di Makam Prajurit Tak Dikenal di Alexander Gardens setelah upacara militer, kemudian dilanjutkan dengan pembicaraan dengan Salyukov.

Kunjungan Mbatha dilakukan di tengah ketegangan antara Afsel dan AS yang menuduh Pretoria mengirimkan senjata ke Rusia, negara yang telah memimpin serangan militer terhadap Ukraina selama lebih dari setahun.

Afrika Selatan telah membantah terseret dalam konflik tersebut. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA