Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ke Taiwan, UI Jajaki Peluang Kerja Sama Perguruan Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 10 Mei 2023, 16:44 WIB
Ke Taiwan, UI Jajaki Peluang Kerja Sama Perguruan Tinggi
Kunjungan delegasi Universitas Indonesia ke Taiwan pada 8-14 Mei 2023/Ist
rmol news logo Sejumlah delegasi Universitas Indonesia melakukan kunjungan ke Taiwan dalam rangka memperkuat kolaborasi penelitian dan pendidikan tinggi.

Kunjungan dilakukan pada 8-14 Mei 2023, atas undangan dari Taiwan Economic and Trade Office (TETO). Selama enam hari, para delegasi akan mengunjungi sejumlah universitas terbaik di Taiwan.

Beberapa universitas tersebut seperti National Central University, National Yang Ming Chao University, National Taichung University of Science and Technology, National Taiwan University, Taiwan Medical University, dan National University of Science and Technology. Para delegasi juga dijadwalkan bertemu Direktur Jenderal Pendidikan Internasional Kementerian Pendidikan Taiwan, Dr. Nicole Yen-yi Lee serta mengunjungi Academia Sinica, National Palace Museum, dan Shung Ye Museum of Formosan Aboriginies.

Adapun delegasi UI yang berpartisipasi terdiri dari Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Dr. Bondan Kanumoyoso (Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya), Dr. Dede Djuhana (Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Agus Setiawan, S.Kp.M.N.D.N. (Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan), Prof. Dr. tech. Djoko Triyono (Ketua Tim World-Class University), dan F. Astha Ekadiyanto, M.Sc. (Direktur Center for Independent Learning).

Sebagai wakil UI, Prof. Haris mempresentasikan dan menawarkan skema kerja sama internasional kepada para institusi pendidikan tinggi yang dikunjungi.

Dalam keterangan yang diterima redaksi pada Rabu (10/5), Prof. Haris menuturkan, Taiwan dan Indonesia memiliki kedekatan secara geografis sehingga terdapat banyak peluang untuk berkolaborasi dalam bidang riset kesehatan, budaya, sains, hingga teknologi.

“Kami merasa terhormat atas undangan dan sambutan Kementerian Pendidikan Taiwan. Kami sangat mengapresiasi pemerintah Taiwan yang berkenan mengirimkan dosen-dosen terbaiknya untuk mengajar di program studi Sastra China FIB UI," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, UI juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa mitra di Taiwan.

Berbagai program yang ditawarkan UI di antaranya Summer Course, Student Exchange, Joint/Double Degree, Joint Thesis, Joint Courses, Lecturer’s Exchange, Short Course Mentorship, dan Fast Track Program. Selain itu, Prof. Haris juga mengajak para mahasiswa di Taiwan untuk melanjutkan pendidikan S2 di UI dengan memanfaatkan skema UI GREAT (UI Degree Scholarship for International Student). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA