Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Berusaha Perbanyak Kapal Robot di Timur Tengah untuk Perangi Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 06 Mei 2023, 12:43 WIB
AS Berusaha Perbanyak Kapal Robot di Timur Tengah untuk Perangi Iran
Pemimpin Koalisi dan Armada Kelima Bahrain, Wakil Laksamana Brad Cooper/Net
rmol news logo Untuk menjaga keamanan dan lalu lintas perdagangan laut di Timur Tengah, AS menyarankan agar mitranya di sana menambah unit kapal tak berawak (SUV) atau biasa disebut robot laut untuk mendeteksi ancaman dari negara-negara lain, seperti Iran.

Mengutip Al-Arabiya pada Sabtu (6/4), AS sedang mencoba meyakinkan beberapa sekutu kawasan seperti Bahrain untuk memperbanyak robot laut.

Pemimpin koalisi dan Armada Kelima Bahrain, Wakil Laksamana Brad Cooper, menganjurkan agar negara itu menempatkan lebih dari 100 robot laut yang bisa beroperasi pada akhir musim panas mendatang.

"AS ingin Bahrain memiliki lebih dari 100 kapal tak berawak," kata Cooper.

Cooper menjelaskan bahwa sejak Februari tahun ini, Bahrain memiliki 50 unit SUV yang mampu membantu negara itu mengamankan peraian, di samping memperdalam kemitraan dengan AS.

Usulan dikeluarkan AS menyusul penyitaan kapal tanker minyak kedua oleh Iran kurang dari seminggu.

Angkatan Laut AS merilis rekaman kapal Korps Pengawal Revolusi Islam Iran yang mengerumuni kapal tanker minyak berbendera Panama Niovi saat berlayar melalui Selat Hormuz, antara Iran dan Oman.

Menurut Juru Bicara Pasukan Angkatan Laut AS dan koalisi di Bahrain, Komandan Tim Hawkins, penyitaan kapal tanker Iran adalah alasan mengapa kehadiran USV sangat penting untuk keamanan dan stabilitas regional.

Sejauh ini, hanya Bahrain dan Kuwait yang secara terbuka mengumumkan rencananya untuk membeli USV. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA