Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringati Festival Umat Buddha, Myanmar Bebaskan Ribuan Tahanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 03 Mei 2023, 14:58 WIB
Peringati Festival Umat Buddha, Myanmar Bebaskan Ribuan Tahanan
Aparat keamanan Myanmar/Net
rmol news logo Dalam memperingati festival umat Buddha, junta militer Myanmar telah mengampuni lebih dari 2.000 tahanan politiknya yang dipenjara, karena perbedaan pendapat dengan militer.

Hal tersebut diumumkan junta dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Rabu (3/5), yang disebut untuk pikiran damai rakyat dan atas dasar kemanusiaan junta.

"Militer mengampuni 2.153 tahanan yang menjalani hukuman di bawah KUHP 505 (a) untuk memperingati Hari Bulan Purnama Kasone," kata junta dalam sebuah pernyataan.

Seperti dimuat Malaymail, undang undang yang membawa hukuman penjara maksimal tiga tahun itu telah banyak digunakan oleh junta militer dalam upayanya untuk mengatasi perbedaan pendapat di negaranya, sejak mereka mengambil alih pada 2021 lalu.

Sejauh ini, menurut catatan dari kelompok pemantau lokal, lebih dari 21 ribu orang telah ditangkap, termasuk 170 jurnalis.

Myanmar biasa memberikan amnesti kepada ribuan tahanannya untuk menandai hari libur nasional atau festival Buddha.

Akan tetapi, mereka yang mengulangi pelanggaran akan kembali ditangkap dan harus menjalani sisa hukuman mereka dengan hukuman tambahan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA