Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wakil Ketua KPU Myanmar Dibunuh Jelang Pemilu, Junta Salahkan Pemberontak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 23 April 2023, 11:25 WIB
Wakil Ketua KPU Myanmar Dibunuh Jelang Pemilu, Junta Salahkan Pemberontak
Militer Myanmar/Net
rmol news logo Wakil ketua komisi pemilihan Myanmar ditembak mati di Yangon pada Sabtu (22/4), menjelang pemilu yang rencananya akan digelar di negara itu.

Menurut junta militer Myanmar, Sai Kyaw Thu diduga ditembak mati oleh kelompok pemberontak yang menentang junta, di kotapraja Thingangyun, di Yangon timur, karena dianggap bekerja untuk militer.

"Pasukan Pertahanan Rakyat Sipil (PDF) yang mendeklarasikan diri sendiri bermunculan menentang junta, dengan pejuang mereka menargetkan pejabat yang dianggap bekerja dengan militer," kata tim informasi militer dalam sebuah pernyataan.

Dimuat VOA News pada Minggu (23/4), pemilu yang akan diselenggarakan di Myanmar dicurigai oleh banyak pihak, termasuk kelompok PDF, tidak akan dijalankan dengan bebas dan adil oleh junta.

Atas dasar itu, militer Myanmar yang berkuasa menyebut para pemberontak bertanggung jawab atas pembunuhan tokoh terkenal di negaranya itu, tanpa memberikan detail lebih lanjut.

Sejauh ini, kelompok PDF sendiri belum memberikan komentarnya. Akan tetapi serangan terbaru kali ini dilakukan setelah dua pekan lalu junta Myanmar menjatuhkan bom di acara upacara pembukaan kantor PDF, yang menewaskan ratusan orang.

Sejak militer Myanmar mengambilalih negara itu, pembunuhan terjadi hampir setiap hari yang diluncurkan oleh junta atau pun serangan balasan dari kelompok pemberontak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA