Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Digempur Sanksi, Ekspor Minyak Rusia Terus Melejit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 23 April 2023, 08:39 WIB
Meski Digempur Sanksi, Ekspor Minyak Rusia Terus Melejit
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sanksi dari negara-negara Barat tampaknya telah gagal untuk mengisolasi minyak Rusia. Pasalnya ekspor minyak Rusia justru melonjak ke level tertingginya dalam hampir tiga tahun terakhir pada Maret.

Badan Energi Internasional (IEA) pada Jumat (21/4) mencatat, total pengiriman minyak dari Rusia naik dari 600 ribu barel per hari (bph), menjadi 8,1 bph pada Maret 2023.

Kendati begitu, pendapatan Rusia dari sektor ini mengalami penurunan tajam dibandingkan tahun lalu. Pendapatan minyak Rusia tercatatkan pulih sebesar 1 miliar dolar menjadi 12,7 miliar dolar, atau masih turun 43 persen dibandingkan tahun lalu.

IEA mengatakan, sebagian besar peningkatan itu disebabkan oleh peningkatan ekspor produk minyak, yang kembali ke tingkat sebelum Covid-19, karena naik 450 ribu bph menjadi 3,1 juta bph.

Ekspor minyak mentah naik 100 ribu bph menjadi 5 juta bph, dengan India menggantikan China sebagai tujuan utama pengiriman Rusia di Asia pada Maret.

Sejak perang di Ukraina meletus, Barat telah memberlakukan banyak sanksi terhadap Rusia, termasuk pembatasan harga minyak mentah dan produk minyaknya, serta embargo Uni Eropa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA