Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar Latihan Tropex 2023, India Pamer Kekuatan Pertahanan Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 13 Maret 2023, 10:54 WIB
Gelar Latihan Tropex 2023, India Pamer Kekuatan Pertahanan Laut
Latihan terbesar Angkatan Laut India, Theatre Level Operational Readiness Exercise' (Tropex) 2023/Net
rmol news logo Puluhan kapal dan pesawat Angkatan Laut India ikut berpartisipasi dalam latihan terbesar Theatre Level Operational Readiness Exercise' (Tropex) pekan ini.

Angkatan Laut India dalam pernyataannya mengatakan latihan ini sebenarnya telah dimulai sejak November tahun lalu dan menampilkan hampir semua aset, termasuk 70 Kapal, enam Kapal Selam, lebih dari 75 Pesawat.

Menteri Pertahanan Rajnath Singh mengapresiasi kesiapan operasional Angkatan Laut India dan menegaskan keyakinan penuhnya pada ketangguhan mereka dalam membela negara.

"Angkatan Laut India sepenuhnya mampu melindungi kepentingan nasional India di wilayah maritim dan akan menggagalkan rancangan jahat dari musuh potensial yang berusaha mengancam keberadaan damai India," ujarnya, seperti dikutip dari NDTV, Minggu (13/3).

Menurut Juru Bicara Angkatan Laut, Komandan Vivek Madhwal, secara keseluruhan latihan diikuti oleh Angkatan Darat India, Angkatan Udara India, dan Pasukan Penjaga Pantai dengan dua jenis latihan pertahanan laut yakni 'Sea Vigil' dan Amfibi 'AMPHEX'.

Vivek mengatakan latihan digelar di Samudra Hindia termasuk Laut Arab dan Teluk Benggala.

Lokasinya diperluas sekitar 4.300 mil laut  dari Utara ke Selatan hingga 35 derajat Lintang Selatan dan 5.000 nm dari Teluk Persia di Barat ke pantai Australia Utara di Timur, membentang seluas lebih dari 21 juta mil laut persegi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA