Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Momen Bersejarah, Timor Leste Ikut Pertemuan Menlu ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 03 Februari 2023, 17:40 WIB
Momen Bersejarah, Timor Leste Ikut Pertemuan Menlu ASEAN
Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Timor Leste, Adaljiza Magno dan Menlu RI, Retno Marsudi dalam Pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) di Sekretariat ASEAN, Jakarta pada Jumat, 3 Februari 2023/Ist
rmol news logo Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini menjadi momen bersejarah bagi Timor Leste. Lantaran untuk pertama kalinya, perwakilan Timor Leste mengikuti rangkaian acara ASEAN Foreign Ministers' (AMM) Retreat setelah resmi ditetapkan menjadi pengamat pada KTT ASEAN tahun lalu.

Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Timor Leste, Adaljiza Magno tampak hadir dalam pertemuan ASEAN Coordinating Council (ACC) yang digelar di Gedung Nusantara, Sekretariat ASEAN, Jakarta pada Jumat (3/2).

Kehadirannya mendapat sambutan khusus dari Menlu RI Retno Marsudi selama pembukaan rapat ACC.

"Dalam ACC Meeting kali ini, Indonesia menyambut Timor Leste yang sudah berstatus pengamat dan sedang disiapkan untuk mekanisme keanggotaan penuh," ujar Retno dalam sambutannya.

Setelah pernyataan Retno, bendera dan papan nama Timor Leste dibawa masuk ke ruang rapat yang menandakan bahwa negara itu mulai diterima oleh ASEAN.

Sementara itu, Menlu Timor Leste mengucapkan terima kasih dan menyebut pertemuan itu sebagai langkah penting dari aksesi keanggotaan di ASEAN.

"Ini adalah batu loncatan penting dalam perjalanan panjang kami untuk bergabung dengan keluarga besar komunitas ASEAN," kata Adaljiza.

Adaljiza mengatakan, ASEAN telah memberikan waktu bagi Timor Leste untuk mempersiapkan diri lebih baik dan optimis prosesnya akan segera diselesaikan.

Ia berharap bahwa pertemuan para menlu ASEAN tersebut dapat menghasilkan rujukan yang akan digunakan untuk aksesi keanggotaan Timor Leste.

"Perjalan kami di ASEAN cukup menantang, tetapi itu bukan sesuatu yang mustahil," kata Adaljiza.

Kehadiran perwakilan Timor Leste dalam pertemuan ASEAN merupakan momen bersejarah di bawah keketuaan Indonesia di ASEAN.

Indonesia telah lama mendorong aksesi Timor Leste di ASEAN karena sangat yakin kontribusi negara itu akan semakin memperkuat dan membawa kemajuan bagi organisasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA