Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mirip Penyerbuan Capitol Hill, Ribuan Pendukung Bolsonaro Geruduk Istana Presiden Brasil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 09 Januari 2023, 07:25 WIB
Mirip Penyerbuan Capitol Hill, Ribuan Pendukung Bolsonaro Geruduk Istana Presiden Brasil
Pendukung mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro menyerbu gedung parlemen dan istana kepresidenan Brasil pada 8 Januari 2023/Net
rmol news logo Brasil memanas pada Minggu (8/1) saat para pendukung mantan presiden sayap kanan Jair Bolsonaro mencoba menerobos barikade polisi dan menyerbu Gedung Kongres Nasional Brasil.

Rekaman media sosial menunjukkan para perusuh yang didominasi dengan baju warna kuning dan hijau menyerbu istana kepresidenan Planalto dan Mahkamah Agung Brasil yang berada di dekatnya.

AFP
melaporkan, area di sekitar gedung parlemen di Brasilia sebenarnya sudah ditutup oleh pihak berwenang.

Tetapi ratusan pendukung Bolsonaro yang menolak untuk menerima kemenangan  Lula Da Silva dari sayap kiri berhasil menerobos, berbaris dan berkumpul di atap gedung. Ini mirip dengan serangan 6 Januari 2021 di gedung Capitol AS oleh pendukung presiden Donald Trump, sekutu Bolsonaro.

Gambar mengejutkan di media sosial menunjukkan gelombang orang menyerbu Kongres nasional, rumah bagi Senat dan Kamar Deputi Brasil. Banyak dari mereka yang mengibarkan bendera nasional.

Menanggapi itu pihak keamanan menggunakan gas air mata untuk mengusir massa, namun gagal.

Bolsonaro, yang dikalahkan tipis oleh da Silva di putaran kedua pemilihan presiden pada 30 Oktober, meninggalkan Brasil pada akhir tahun dan melakukan perjalanan ke Florida, negara bagian AS tempat tinggal Trump saat ini. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA