Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buntut Kasus Glinski, IFJ Mengutuk Taliban atas Intimidasi terhadap Jurnalis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/abdul-mansoor-hassan-zada-1'>ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA</a>
LAPORAN: ABDUL MANSOOR HASSAN ZADA
  • Jumat, 21 Oktober 2022, 12:35 WIB
Buntut Kasus Glinski, IFJ Mengutuk Taliban atas Intimidasi terhadap Jurnalis
Juru kamera Afghanistan meliput protes terhadap Presiden AS Joe Biden di Kabul, Afghanistan pada Februari 2022/Net
rmol news logo Federasi Jurnalis Internasional (IFJ) dalam sebuah pernyataan mengutuk pelecehan dan intimidasi terhadap Stephanie Glinski, seorang jurnalis lepas, yang dilakukan oleh Taliban.  IFJ meminta mereka untuk mendukung kebebasan pers dan berhenti melecehkan jurnalis.

Dalam pernyataannya, IFJ  mengatakan,  Taliban telah menargetkan Glinsky dan melarangnya memasuki Afghanistan karena laporan kritisnya.

Setelah memberlakukan serangkaian pembatasan pada jurnalis Afghanistan, termasuk masker wajah wajib untuk pembawa acara televisi wanita, Taliban sekarang tampaknya menargetkan jurnalis asing yang mereka anggap bias dan kritis terhadap pemerintahan mereka.

Glinsky, yang menghabiskan empat tahun di Afghanistan untuk melaporkan beberapa outlet berita termasuk Guardian dan Foreign Policy, meninggalkan Kabul pada bulan Juli, tetapi setelah laporannya diterbitkan, dia menerima pesan ancaman dari anggota Taliban dan menjadi khawatir akan keselamatannya.

Dalam serangkaian tweet, Glinsky menjelaskan bagaimana Taliban menyatakan keprihatinannya tentang sebuah artikel yang diterbitkan olehnya di Kebijakan Luar Negeri berjudul "Taliban Melawan Batubara di Afghanistan Utara".

Dia menambahkan bahwa para pejabat Taliban kemudian melecehkan dan mengintimidasi dia melalui WhatsApp dan mengajukan banyak pertanyaan tentang kontennya dan memintanya untuk mengungkapkan sumbernya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA