Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Ketua DPR Prihatin Anak TK Pawai Dengan Cadar Dan Senjata

Laporan: Widian Vebriyanto | Minggu, 19 Agustus 2018, 18:25 WIB
Ketua DPR Prihatin Anak TK Pawai Dengan Cadar Dan Senjata

Pawai budaya dari TK Kartika V/Net

Insiden murid TK bercadar dan menenteng senjata dari karton dalam pawai budaya dalam rangka perayaraan HUT RI ke-73 di Probolinggo, Jawa Timur sangat memprihatinkan. Perlakuan terhadap murid-murid TK seperti itu jelas tak bisa dibenarkan.

"Menteri Pendidikan dan semua pemerintah daerah harus memastikan bahwa kasus serupa tidak berulang di kemudian hari," kata Ketua DPR, Bambang Soesatyo, melalui pesan singkat, Minggu sore (19/8).

Foto dan video pawai budaya TK Kartika V di Probolinggo merebak di media sosial dan dunia maya. Bocah-bocah TK perempuan tampak mengenakan cadar dan menenteng karton yang dibuat mirip senjata M-16 dalam pawai budaya yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Probolinggo.

Bambang pun menyayangkan hal itu. Sebab, memperlakukan anak-anak TK seperti itu tak bisa dibenarkan dengan alasan apa pun.

"Perlakuan seperti itu tidak mendidik. Sebagai tontonan pun tidak pantas. Perlakuan seperti itu bisa merusak persepsi anak, karena berpotensi mencabut mereka dari dunia anak-anak," ujarnya.

Oleh karena itu Bamsoet mengingatkan para guru dan orang tua untuk membiarkan anak-anak dengan dunia mereka. Menurutnya, justru anak-anak TK seharusnya diberi ruang untuk bermain sambil belajar.

"Jangan meracuni pikiran mereka dengan cara pikir orang dewasa. Apalagi dengan perlakuan cukup ekstrim seperti kasus di Probolinggo itu. Para orang tua dan guru hendaknya melindungi anak-anak dari berbagai kemungkinan yang bisa merusak cara pikir dan cara pandang anak," pungkas mantan ketua Komisi Hukum DPR itu. [nes]


1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)