Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Kebutuhan Dokter Spesialis RSUD Lakipadada Harus Dikaji

| Jumat, 10 Agustus 2018, 14:03 WIB
Kebutuhan Dokter Spesialis RSUD Lakipadada Harus Dikaji

Marinus Gea/Humas DPR

Permintaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lakipadada di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan untuk menambah dokter spesialis. harus dikaji terlebih dahulu volume pekerjaannya.

"Saya pada dasarnya mendukung penambahan dokter spesialis seperti yang diminta Direktur RSUD Lakipadada. Namun di sisi lain, dokter-dokternya juga harus dikaji volume pekerjaannya. Jangan sampai dokter spesialis didatangkan, namun kegiatannya sangat terbatas di sana," ujar anggota Komisi IX DPR, Marinus Gea saat  kunjungan kerja bersama di RSUD Lakipadada Tana Toraja, Sulsel, baru-baru ini.

Tidak hanya itu, politisi dari Fraksi PDI-Perjuangan ini juga menilai bahwa pemerintah daerah juga harus bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk memberikan berbagai fasilitas pendukung yang dibutuhkan oleh dokter tersebut. Dengan kata lain, perlu hal-hal menarik yang ditawarkan oleh pemerintah daerah sehingga dokter spesialis yang didatangkan mau dan betah menjalankan tugasnya di daerah tersebut.

"Harus ada kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam rangka mengoptimalisasi pelayanan dokter spesialis ke masing-masing daerah. Sebut saja pemberian instetif atau fasilitas menarik lainnya yang akan membuat dokter tersebut tertarik dan betah tinggal dan bertugas di daerah tersebut," kata Marinus.

Namun tentu saja, lanjut Marinus, pemberian fasilitas ini tidak hanya dibebankan kepada pemerintah pusat semata.

"Sehingga hal ini tidak menjadi kebuntuan di pusat, namun juga permasalahan yang harus diatasi bersama oleh pemerintah daerah juga," pungkas politisi dapil Banten III ini.

Pada kesempatan itu, Dirut RSUD Lakipadada Syafari D. Mangopo menyampaikan berbagai kendala dan permasalahan yang dihadapinya. Selain kurangnya fasilitas kesehatan, juga masih minimnya dokter spesialis di RS tersebut. Mengingat RS tersebut menjadi rujukan tiga kabupaten.

Bahkan saat mengunjungi RS tersebut beberapa waktu sebelumnya, Menteri Kesehatan sempat mewacanakan RSUD Lakipadada menjadi RS wisata yang bertaraf internasional. Mengingat Tana Toraja merupakan salah satu daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing. [wid/***]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)