Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Bamsoet Lobi Parlemen Bahrain Agar Produk Indonesia Dapat Kemudahan

Laporan: Dede Zaki Mubarok | Selasa, 17 Juli 2018, 18:54 WIB
Bamsoet Lobi Parlemen Bahrain Agar Produk Indonesia Dapat Kemudahan Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo atau Bamsoet, menyambut hangat berbagai kegiatan sosial yang dilakukan antara pemerintah dan masyarakat Bahrain di Indonesia.

Sebagai sesama negara berpenduduk muslim, Indonesia sangat terbuka dalam membangun hubungan sosial dengan negara-negara Timur Tengah.

"Saya sangat mengapresiasi kunjungan delegasi Bahrain ke Indonesia untuk meresmikan berbagai masjid di Bekasi, Bandung dan Bogor, serta memberikan bantuan sosial ke berbagai panti asuhan," ujar Bamsoet saat menerima Wakil Ketua Parlemen Bahrain, Abdulhalim Abdulla Ahmed Murad, di ruang kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Selasa (17/7).

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini memandang, hubungan sosial Indonesia-Bahrain yang sudah terjalin baik bisa ditingkatkan ke bidang lain seperti politik, ekonomi dan pertahanan keamanan. Perlu diadakan pertemuan dan dialog agar bisa terbangun kesepahaman.

Bamsoet jelaskan, Indonesia memandang Bahrain sebagai mitra strategis yang bisa dijadikan pintu masuk produk Indonesia ke berbagai negara Timur Tengah, Teluk, dan Afrika Utara. Sampai dengan akhir tahun 2017, nilai total perdagangan kedua negara mencapai US$ 206.308 juta dengan nilai ekspor Indonesia yang masih relatif kecil yaitu sebesar US$ 47.348 juta.

"Dengan kunjungan ini, saya harap Parlemen Bahrain dapat membantu memberikan kemudahan bagi masuknya berbagai produk Indonesia ke sana," terang Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini juga menginginkan hubungan people to people contact antar warga Indonesia-Bahrain bisa lebih ditingkatkan. Perlu dibuka kerjasama penerbangan udara yang bisa memudahkan konektivitas dua warga negara.

"Mr. Abdulhalim menyampaikan keinginannya agar maskapai mereka, Bahrain Air, bisa landing di Jakarta. Beliau juga berjanji akan membantu jika Garuda Indonesia ingin landing di Bahrain," jelas Bamsoet.

Menyambut ajakan Bamsoet, Abdulhalim Abdulla Ahmed Murad menekankan bahwa Indonesia selalu mendapat tempat spesial di hati masyarakat Bahrain. Bahrain selalu membuka diri terhadap berbagai kerjasama yang ditawarkan Indonesia.

"Kami membuka diri untuk membangun kerjasama eksplorasi ladang minyak di Bahrain serta mengundang para insinyur Indonesia untuk berkarir di Bahrain. Selain itu, sebagai negara yang juga memproduksi arang misalnya, Indonesia bisa memasok arang ke Bahrain. Kebutuhan arang di Bahrain sangat tinggi setiap bulannya," ungkap Abdulhalim. [ald]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)