Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Ketua DPR Berharap Masyarakat Mulai Beralih Ke Mobil Listrik

Laporan: Yayan Sopyani Al Hadi | Kamis, 05 Juli 2018, 09:55 WIB
Ketua DPR Berharap Masyarakat Mulai Beralih Ke Mobil Listrik Ketua DPR RI Bambang Soesatyo tengah kesengsem dengan mobil listrik. Menurutnya, mobil listrik mampu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak (BBM) fosil, sekaligus menekan tingkat polusi udara akibat asap dari knalpot.

Apalagi, kenaikan harga BBM selalu menjadi persoalan besar di masyarakat. Sementara ketergantungan publik pada bahan bakar fosil begitu mengakar.

“Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggalakkan penggunaan kendaraan elekrik. Tren otomotif dunia saat ini pun mulai bergeser ke kendaraan elektrik,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Pemilik mobil listrik Tesla X60 dan S60 itu berharap masyarakat mulai beralih ke mobil listrik. Apalagi mobil listrik jauh lebih ekonomis. Dalam catatan dia, cuma butuh waktu enam jam untuk mengecas sumber daya mobil listrik hingga penuh.

“Mengecas di rumah enam jam full untuk berjalan 350 kilometer. Jadi kalau hanya putar-putar di Jakarta dan pulang pergi rumah-kantor cukup seminggu sekali nge-charge,” tuturnya.

Dari segi perawatan pun sangat murah. Bahkan, kata Bamsoet, mobil listrik nyaris tanpa biaya perawatan.

“Mobil ini nyaris tanpa perawatan. Sangat ramah lingkungan pula. Karena tidak ada mesin, maka tidak perlu ganti oli dan lain sebagainya. Hanya pergantian kanvas rem dan ban. Itu pun bisa 2-3 tahun sekali,” paparnya. [ian]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)