Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Komisi III: Lapas Kelas II A Ambon Lebih Manusiawi

| Rabu, 09 Agustus 2017, 11:52 WIB
Komisi III: Lapas Kelas II A Ambon Lebih Manusiawi

Bambang Heri Purnama/Humas DPR

Tim Kunjungan Kerja Komisi III DPR mengapresiasi kondisi lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Ambon jika dibandingkan dengan lapas-lapas daerah lain di Indoneaia.
 
"Kondisi Lapas Kelas II A Ambon ini cukup bagus. Tidak seperti beberapa Lapas di wilayah Indonesia," ujar anggota tim kunker Komisi III DPR mengunjungi  Lapas Kelas II A Ambon, Maluku, baru-baru ini.
 
Penghuni di setiap blok dalam Lapas, menurutnya, masih manusiawi. Lebih ideal kondisinya bila dibandingkan Lapas lainnya di beberapa daerah di Indoneaia. Ia mengatakan, di lapas ini tidak ada masalah, misalnya kelebihan kapasitas. Arrtinya tidak ada hal yang dikuatirkan dan meresahkan para narapidana.
 
"Apa yang harus dikuatirkan dengan kapasitas Lapas Ambon. Jika dibandingkan seperti Lapas yang pernah dikunjungi yakni Mandaeng, Kerobokan, Banjarmasin maupun Makassar, jauh lebih tidak manusiawi karena kelebihan kapasitas," sebutnya.
 
Di Lapas ini, tim Komisi III sempat berdialog dengan para narapidana guna mengecek keberadaan mereka selama menjalani hukuman.
 
Selain mengunjungi Lapas ini, Tim Komisi III menjadwalkan pertemuan dengan jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku, Kantor Pengadilan Tinggi Negeri Ambon, Kejaksaan Tinggi Maluku, dan Polda Maluku.[wid/***]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)