Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Pemerintah Harus Serius Kembangkan Komoditas Hortikultura

| Jumat, 04 Agustus 2017, 12:15 WIB
Pemerintah Harus Serius Kembangkan Komoditas Hortikultura

Ichsan Firdaus dan tim kunker Komisi IV DPR/Humas DPR RI

Anggota Komisi IV DPR, Ichsan Firdaus sepakat sektor hortikulura memiliki potensi luar biasa, seperti disampaikan Presiden Jokowi.
 
Hal ini disampaikannya saat pertemuan tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR dengan  petani pisang mas kirana di Desa Kandengan, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (31/7) lalu.

"Tadi kami mendengar bahwa ada beberapa komoditi
hortikultura yang selalu impor setiap tahun seperti bawang putih. Bawang putih hampir 500 ribu ton diimpor setiap tahunnya, sementara  bawang putih ini mempunyai potensi yang bisa dikembangkan di Indonesia, ini harus menjadi warning bagi pemerintah," ujarnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Komisi IV mendorong pemerintah agar serius mengembangkan beberapa produk hortikultura yang memiliki dampak strategis bagi rakyat. Contohnya, bawang putih yang selalu tergantung kepada impor setiap tahunnya.
 
"Setidaknya dalam waktu lima tahun kita bisa memotong hampir 50 persen hingga 60 persen ketergantungan kita terhadap impor dan itu sudah bagus bagi Indonesia. Hal ini akan berdampak terhadap rakyat dan inflasi," lanjut Ichsan.
 
Terkait dengan kendala yang dialami oleh petani, menurut Ichsan, ternyata mereka mempunyai banyak hambatan pada ekspor. Di antaranya hambatan kualitas, kemasan dan pasar. Tidak sedikit produk mereka yang mengalami pengembalian produk (retur) karena kurang bisa bertahan dalam jangka waktu pengiriman tersebut.
 
"Disitulah peran pemerintah untuk bisa mengembangkan agar produk pisang yang dikembangkan tidak sia-sia, dan pemerintah juga bertugas untuk mengembangkan dan membuka pasar seluas-luasnya bagi petani yang ada di Lumajang ini," ujar Ichsan.
 
Lumajang perlu memperhatikan sektor hilirnya dan bukan hanya proses produksi dan budidayanya. Bagaimana mencari pasar dan mengembangkan kemasannya.

"Kita lihat tadi mereka serius mensortir, memilah produk yang baik, yang bisa berorientasi ekspor. Di sinilah pemerintah bisa mendorong agar petani punya kepastian pasar dan mereka bisa mengembangkan produknya," lanjut Ichsan.[wid/***]




 
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)