Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Masalah Batas Wilayah Pengaruhi Penyelenggaraan Pilkada Di NTB

Laporan: | Rabu, 01 Maret 2017, 16:10 WIB
Masalah Batas Wilayah Pengaruhi Penyelenggaraan Pilkada Di NTB Ketidakjelasan masalah batas wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat akan berpengaruh terhadap jalannya penyelenggaraan Pilkada di provinsi tersebut.

Demikian dikatakan Ketua Tim Kunjungan Kerja sekaligus Wakil Ketua Komisi II DPR RI Al Muzzammil Yusuf saat tinjauan langsung ke lapangan di Lombak Barat, NTB, Senin (27/2).

"Ketidakjelasan itu dimulai sejak adanya pemekaran wilayah, yang akhirnya menimbulkan konflik-konflik berkepanjangan, " ucap politisi PKS itu.

Muzzammil mengatakan, ketegasan pemerintah daerah sangat berpengaruh terhadap Pilkada, sebab ada kasus dimana orang yang bisa memilih dua kali dalam Pilkada yang berbeda."Hal itu terkait dengan masalah batas wilayah yang tidak jelas hingga menjadi sebuah konflik panjang," ujarnya.

Sementara itu terkait persoalan dana desa, Muzzammil menyampaikan bahwa masih ada hambatan-hambatan dalam pengelolaan dana desa, yakni dalam bentuk administrasi serta kemampuan desa mengelolanya.

"Namun salah satu desa yang kita kunjungi, yakni Desa Sesela, itu cukup baik pengelolaannya. Pendamping desanya ikut hadir dan dana desa yang diberikan itu dapat dipertanggungjawabkan," paparnya.

Desa Sesela mengelola aliran dana desanya untuk membuat jembatan, gedung yang bisa disewakan untuk pendapan desa, dan peran aktif pemuda dalam membuat kerajinan tangan dan lain sebagainya, jelas Muzzammil.

"Desa Sesela dapat menjadi contoh yang bagus. Jangan sampai dana desa yang turun itu hanya menjadi suatu bancakan saja dan tidak produktif, " pungkasnya.[wid]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)