Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Bea Cukai Diingatkan Lebih Fokus Di 2017

Laporan: | Senin, 16 Januari 2017, 16:46 WIB
Bea Cukai Diingatkan Lebih Fokus Di 2017 Komisi XI DPR RI menggelar rapat kerja bersama Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan guna membahas evaluasi penerimaan kinerja 2016 dan proyeksi 2017.

Pada sesi rapat itu, Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi mendapat banyak pujian lantaran penerimaan bea dan cukai mencapai Rp 183,6 triliun. Angka itu baru 97,2 persen dari target yang ditetapkan pada APBN-Perubahan 2016 sebesar Rp 183,96 triliun.

"Selamat karena realisasinya sudah berjalan dengan baik. Targetnya bisa terpenuhi dengan baik," kata anggota Komisi XI  Kardaya di Gedung DPR, Jakarta (Senin (16/1).

Meski menuai pujian, aparat bea cukai tetap mendapat catatan dari wakil rakyat. Komisi XI mengingatkan Ditjen Bea dan Cukai untuk lebih fokus lagi dalam kinerja di 2017 karena masih banyak produk yang luput dari penerimaan cukai. Sektor tambang menjadi salah satu yang masih lolos dari pantauan bea dan cukai.

"Ini harus difokuskan lagi agar semua produk yang ekspor ini jangan sampai lolos dari cukai," katanya.

Catatan lain, Komisi XI menyampaikan masih banyak objek cukai yang terlewatkan salah satunya soal rempah-rempah yang tidak masuk dalam cukai. [wah] 
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)