Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)

Komisi X Dorong Pembangunan Perpustakaan Provinsi Jambi

Laporan: Ruslan Tambak | Sabtu, 15 Oktober 2016, 12:16 WIB
Komisi X Dorong Pembangunan Perpustakaan Provinsi Jambi

Dwita Ria Gunadi/Net

. Sarana dan prasarana Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi memprihatinkan. Diperlukan banyak perbaikan agar Perpustakaan Jambi menjadi ikon di Jambi.

Menurut Anggota Komisi X DPR, Dwita Ria Gunadi, Perpustakaan Provinsi Jambi terkendala dana APBD Provinsi Jambi yang masih kecil sekitar Rp 3 triliun. Belum lagi mesti dibagi kebeberpa kabupaten/kota.

"Kami di Komisi X akan mendorong pembangunan fisik maupun non fisik yang dibutuhkan perpustakaan ini. Tapi untuk sementara dimaksimalkan terlebih dahulu yang ada. Coba dibuat program agar menarik pengunjung, apalagi lokasinya dekat dengan kampus dan sekolah," ujar Politisi F-Gerindra ini saat mengunjungi Perpustakaan Provinsi Jambi, Kota Jambi, Jum'at (14/10).

Ditambahkannya, akses lokasi perpustakaan juga kecil, sehingga jika pengunjung menggunakan bus besar tidak bisa masuk. Menurut Dwi, perlu juga ada relokasi tempat. Ia juga heran, untuk selevel perpustakaan provinsi harusnya sudah e-library.

"Kita mengharapkan setelah selesainya bangunan Perpustakaan Nasional di Jalan Merdeka. Pemerintah pusat bisa membangun gedung baru disini. Jika seandainya RUU Sisbuk ini sudah disahkan, yang pasti perhatian terhadap perpustakaan di daerah lebih baik," papar Legislator dari Dapil Lampung II ini.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Provinsi Jambi, Syamsurizal mengatakan lokasi perpustakaan ini memang sulit karena tempatnya agak masuk ke dalam. Jelas dia, dulu pernah ada rencana akan dibangun gedung 6 lantai di daerah Citra. Tapi tidak ada tindaklanjutnya.

"Mungkin karena kemampuan APBD yang minim," sebut Syamsurizal. [rus]
1xx

Kolom Komentar

Artikel Lainnya

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)